Rahman, Amni Zarkasyi and Usmani, Lintang Febi (2020) Kualitas Pelayanan Aplikasi SAKPOLE dalam Upaya Pembangunan Daerah Provinsi Jawa Tengah. In: Slamet Riyadi Conference on Public Administration (SRIPA), 16 April 2020, Surakarta.
| PDF - Published Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. 374Kb |
Abstract
Salah satu upaya peningkatan pembangunan daerah adalah peningkatan penerimaan daerah dalam sector pajak dan retribusi. Hal inilah yang menjadi alasan pengembangan aplikasi Sistem Administrasi Kendaraan Pajak Online (SAKPOLE) oleh Pemerintah Provinsi Jawa Tengah. Melalui SAKPOLE, masyarakat mendapatkan kemudahan dalam melakukan pembayaran pajak kendaraan serta terhindar dari denda keterlambatan. Meskipun terdapat peningkatan dalam penerimaan pendapatan daerah, namun belum diketahui bagaimana kualitas pelayanan aplikasi SAKPOLE. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui kualitas pelayanan aplikasi SAKPOLE melalui Delone & Mclean Information System Success Model. Pendekatan kuantitatif digunakan dalam penelitian ini dengan jumlah sampel mencapai 93 responden yang dipilih menggunakan Teknik purposive sampling. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui kualitas aplikasi SAKPOLE mendapatkan nilai 81.3 sehingga masuk dalam kategori baik. Perlu adanya perbaikan kualitas informasi, khususnya informasi mengenai proses cetak dan pengesahan STNK. Hal ini disebabkan informasi yang terdapat pada aplikasi SAKPOLE terbatas pada tata cara proses cetak STNK melalui mesin cetak mandiri. Akan tetapi, belum semua mesin cetak mandiri SAKPOLE terdistribusi di seluruh Kantor Samsat Provinsi Jawa Tengah.
Item Type: | Conference or Workshop Item (Paper) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Faculty of Social and Political Sciences > Department of Public Administration |
ID Code: | 81773 |
Deposited By: | INVALID USER |
Deposited On: | 08 Nov 2020 16:00 |
Last Modified: | 08 Nov 2020 16:00 |
Repository Staff Only: item control page