Prastiwi, Kingkin Nikhen and Fatmawati, Endang (2011) Analisis Deskriptif Courtesy Pustakawan Pengaruhnya Terhadap Kepuasan Pemustaka Pada Layanan Sirkulasi Perpustakaan dan Arsip Daerah Kabupaten Pemalang. Undergraduate thesis, Fakultas Ilmu Budaya UNDIP: Ilmu Perpustakaan.
| PDF 7Mb | |
| Image (JPEG) 3206Kb | |
| Image (JPEG) 4012Kb |
Abstract
Skripsi ini membahas mengenai “Analisis Deskriptif Courtesy Pustakawan Pengaruhnya Terhadap Kepuasan Pemustaka pada Layanan Sirkulasi Perpustakaan Umum dan Arsip Daerah Kabupaten Pemalang”. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk menjelaskan courtesy pustakawan terhadap kepuasan pemustaka. Selain itu, untuk mengetahui harapan pemustaka terhadap courtesy pustakawan ketika melayani, dan untuk memahami penerapan courtesy pustakawan dalam layanan sirkulasi Perpustakaan Umum dan Arsip Daerah Kabupaten Pemalang. Draft Only Desain penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan metode survey. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pemustaka Perpustakaan Umum dan Arsip Daerah Kabupaten Pemalang yang terlepas dari anggota dan bukan anggota perpustakaan. Sampel yang diambil dalam penelitian ini berjumlah 100 sampel dengan teknik pengambilam sampelnya menggunakan stratified random sampling. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah courtesy pustakawan dan kepuasan pemustaka. Indikator yang terdapat dalam variabel courtesy pustakawan adalah penuh perhatian (attentive), penuh pertolongan (helpful), tenggang rasa (considerate), sopan (polite), dan peduli (respecful). Indikator kepuasan pemustaka adalah persepsi kurang dari harapan, persepsi sama dengan harapan, dan persepsi lebih besar dari harapan. Analisis data menggunakan analisis regresi linier sederhana dengan Uji T dan analsisi determinasi untuk mengetahui seberapa besar pengaruh courtesy pustakawan terhadap kepuasan pemustaka. Dari hasil penelitian dapat diketahui bahwa sebagian besar dari pemustaka yaitu 50% (50orang) merasa kurang puas terhadap courtesy pustakawan. Sementara itu sebesar 58% (58 orang) ternyata sudah merasa puas terhadap layanan sirkulasi. Pengaruh courtesy pustakawan dengan kepuasan pemustaka sebesar 22% dan 88% lainnya dipengaruhi oleh faktor yang lain. Hal ini menunjukan bahwa courtesy pustakawan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan pemustaka sebesar 0,037.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | courtesy pustakawan, kepuasan pemustaka, regresi linier sederhana, analisis determinasi, layanan sirkulasi |
Subjects: | Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science |
ID Code: | 81768 |
Deposited By: | INVALID USER |
Deposited On: | 06 Nov 2020 13:29 |
Last Modified: | 06 Nov 2020 13:29 |
Repository Staff Only: item control page