Kinasih, Raras Sekar (2020) ANALISIS KEPUASAN PENGUNJUNG DAN STRATEGI PENGEMBANGAN AGRO PURWOSARI DI KECAMATAN MIJEN KOTA SEMARANG. Undergraduate thesis, Program Studi S1 Agribisnis Departemen Pertanian.
| PDF 238Kb | |
| PDF 520Kb | |
| PDF 97Kb | |
| PDF 393Kb | |
| PDF 735Kb | |
| PDF 105Kb | |
| PDF 217Kb | |
| PDF 3008Kb |
Abstract
Agrowisata merupakan objek wisata berbasis alam yang cukup menarik minat pengunjung baik dalam maupun luar negeri. Penilaian pengunjung terhadap agrowisata merupakan unsur penting dalam sebuah pengembangan wisata. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kepuasan pengunjung berdasarkan variabel bauran pemasaran 7P (product, price, place, promotion, people, process, physical evidence) dan menganalisis kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman untuk merumuskan strategi pengembangan Agro Purwosari. Penelitian menggunakan metode survei. Metode penentuan jumlah sampel pada analisis kepuasan pengunjung menggunakan quota sampling sebanyak 100 responden, yang pengambilan sampelnya menggunakan metode purposive accidental sampling. Jumlah sampel pada perumusan strategi pengembangan adalah sebanyak 20 responden, yang dipilih secara purposive untuk dijadikan key-person. Dua puluh responden tersebut terdiri dari 4 orang dari bagian internal agrowisata, 2 orang pegawai UPTD Kebun Dinas Pertanian, 4 orang masyarakat sekitar dan 10 pengunjung. Metode analisis menggunakan Importance Performance Analysis serta Customer Satisfaction Index untuk menganalisis kepuasan pengunjung dan analisis Strength, Weakness, Opportunity dan Threat (SWOT) untuk merumuskan strategi pengembangan. Berdasarkan hasil analisis kepuasan yang berdasar pada bauran pemasaran 7P, diperoleh nilai Indeks Kepuasan pengunjung sebesar 73,39% yang tergolong pada kategori puas. Penentuan untuk strategi pengembangan dapat dilihat dari pemetaan posisi agrowisata. Hasil pemetaan menunjukkan bahwa Agro Purwosari terletak di kuadran I yaitu kuadran yang menguntungkan dimana strategi yang digunakan memanfaatkan kekuatan dan peluang yang dimiliki agrowisata. Rekomendasi strategi pengembangan yang dapat diterapkan yaitu inovasi ide dan produk wisata; menciptakan paket wisata dengan wisata lain terdekat yang memadukan keunggulan masing-masing (wisata kuda dan tur keliling kebun) dan memperluas jaringan pemasaran produk dengan bermitra. Kata kunci : agrowisata, kepuasan pengunjung, strategi pengembangan
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | S Agriculture > S Agriculture (General) |
Divisions: | Faculty of Animal and Agricultural Sciences > Department of Agribusiness |
ID Code: | 81725 |
Deposited By: | INVALID USER |
Deposited On: | 19 Nov 2020 12:47 |
Last Modified: | 19 Nov 2020 12:47 |
Repository Staff Only: item control page