PENGARUH MARKETING MIX TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN TEH DAUN KELOR

nikmah, nisa alfian and SETIADI , AGUS and Ekowati, Titik (2021) PENGARUH MARKETING MIX TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN TEH DAUN KELOR. Jurnal Sosial Ekonomi Pertanian dan Agribisnis (SOCA) Universitas Udayana, 15 (3). ISSN p-ISSN 1411-7177 / e-ISSN 2615-6628

[img]
Preview
PDF
465Kb
[img]
Preview
PDF
198Kb

Official URL: https://ojs.unud.ac.id/index.php/soca/issue/archiv...

Abstract

Abstrak Keberhasilan pemasaran didukung oleh proses pemilihan produk tepat, saluran distribusi baik, harga layak dan promosi efektif yang disebut Marketing Mix. Marketing Mix harus saling mendukung guna mencapai tujuan pemasaran, sehingga keberhasilan pemasaran dapat diiringi oleh capaian kepuasan konsumen. Tujuan penelitian yaitu menganalisis Marketing Mix (produk, harga, tempat, promosi) dan kepuasan konsumen teh daun kelor serta menganalisis pengaruh marketing mix terhadap kepuasan konsumen teh daun kelor. Penentuan lokasi penelitian dengan pertimbangan bahwa Kabupaten Blora terdapat Kebun Tanaman Kelor serta Pabrik pengolahan teh daun kelor. Penelitian dilaksanakan bulan Januari – Februari 2020. Metode penelitian yaitu studi kasus. Jumlah responden sebanyak 110 responden dengan metode kuota. Metode pengambilan sampel yaitu accidental sampling. Pengumpulan data dengan wawancara, observasi dan studi pustaka. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian yaitu variabel produk mendapat tanggapan kurang baik, variabel harga dan tempat mendapat tanggapan baik, variabel promosi mendapat tanggapan tidak baik dan konsumen merasa puas. Produk, harga, tempat dan promosi secara serempak berpengaruh terhadap kepuasan konsumen teh daun kelor dengan tingkat signifikan sebesar 0,000. Hasil uji-t signifikan pada variabel harga dan tempat, sedangkan variabel produk dan promosi tidak signifikan. Penelitian selanjutnya diharapkan dapat menganalisis tingkat kepuasan konsumen. Kata Kunci: kepuasan konsumen; marketing mix; teh kelor.

Item Type:Article
Subjects:S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions:Faculty of Animal and Agricultural Sciences > Department of Agribusiness
ID Code:81716
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:19 Nov 2020 12:50
Last Modified:19 Nov 2020 12:50

Repository Staff Only: item control page