GAMBARAN PERBEDAAN FAKTOR PETUGAS, IBU, DAN PROGRAM PADA PUSKESMAS DENGAN CAKUPAN PENEMUAN PNEUMONIA BALITA TERTINGGI DAN TERENDAH (STUDI 10 PUSKESMAS KABUPATEN TEMANGGUNG)

HASYANAH, USWATUN (2020) GAMBARAN PERBEDAAN FAKTOR PETUGAS, IBU, DAN PROGRAM PADA PUSKESMAS DENGAN CAKUPAN PENEMUAN PNEUMONIA BALITA TERTINGGI DAN TERENDAH (STUDI 10 PUSKESMAS KABUPATEN TEMANGGUNG). Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF - Published Version
12Kb

Abstract

Pneumonia adalah proses infeksi akut yang mengenai jaringan paru-paru (alveoli), yang merupakan salah satu penyebab kematian anak terbesar di dunia. Salah satu upaya yang dilakukan pemerintah untuk mengurangi angka kejadian pneumonia balita dengan melakukan program penemuan pneumonia balita. Program penemuan pneumonia balita mempunyai target yang telah ditetapkan secara nasional. Puskesmas di Kabupaten Temanggung memiliki perbedaan cakupan penemuan pneumonia balita yang sangat signifikan antara puskesmas yang telah mencapai dan belum mencapai target. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengambarkan perbedaan faktor petugas, faktor ibu, dan faktor program di puskesmas dengan cakupan penemuan pneumonia balita tinggi dan rendah di Kabupaten Temanggung. Jenis penelitian ini adalan deskriptif dengan studi cross-sectional. Sampel penelitian ini adalah 10 puskesmas di wilayah Kabupaten Temanggung. Hasil dari penelitian perbedaan antara puskesmas cakupan tinggi dan rendah faktor pengetahuan petugas sebesar 72,0% dan 62,0%, motivasi petugas sebesar 64,0% dan 73,0%, keaktifan petugas 64,0% dan 73,0%, lama bekerja petugas 80,0% dan 100,0%, kekaktifan ibu sebesar 90,1% dan 59,0%, kejadian pneumnonia 93,2%dan 82,5%, kegiatan penemuan pneumonia 92,3% dan 79,5%, dan evaluasi kegiatan 100,0% dan 83,5% . Disarankan kepada Dinas Kesehatan untuk me-refreshing pengetahuan tentang pneumonia balita guna menselarasakan pemahaman tentang pneumonia balita dan cara deteksi pneumonia balita. Kata kunci : Pneumonia, Cakupan penemuan pneumonia balita

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions:Faculty of Public Health > Department of Public Health
ID Code:81688
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:08 Oct 2020 10:48
Last Modified:08 Oct 2020 10:48

Repository Staff Only: item control page