KAJIAN PUSTAKA PELAKSANAAN PROGRAMMATIC MANAGEMENT OF DRUG RESISTANT TUBERCULOSIS (PMDT) PADA PASIEN TUBERKULOSIS RESISTAN OBAT ( TB RO)

AVIANA, FITRI (2020) KAJIAN PUSTAKA PELAKSANAAN PROGRAMMATIC MANAGEMENT OF DRUG RESISTANT TUBERCULOSIS (PMDT) PADA PASIEN TUBERKULOSIS RESISTAN OBAT ( TB RO). Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF - Published Version
18Kb

Abstract

Strategi Programmatic Management of Drug-Resistant Tuberculosis atau disingkat PMDT merupakan bagian dari strategi Directly Observed Treatment Short Course (DOTS) untuk menangani kasus Tuberkulosis Resistan Obat (TB RO). Strategi ini menggunakan kerangka kerja yang sama dengan strategi DOTS dalam upaya penanggulangan TB RO. Beberapa penelitian mengenai pelaksanaan PMDT ini menunjukkan hasil yang kurang memuaskan dikarenakan angka kesuksekan pengobatan di banyak negara kurang dari 60%. Penelitian ini menggunakan kajian pustaka dengan pendekatan sistematis secara sederhana. Penelitian ini menggunakan 21 artikel untuk dianalisis dengan variabel yang dibahas yaitu prosedur PMDT, tingkat keberhasilan pengobatan TB RO dengan strategi PMDT, dan faktor-faktor yang mempengaruhi pelaksanaan pengobatan. Prosedur PMDT meliputi penemuan pasien; penegakan diagnosis; pengobatan; tata laksana pasien putus berobat dan gagal; dan pengobatan pada pasien ko-infeksi TB MDR dan HIV. Hasil pengobatan TB RO menunjukkan hasil yang berbeda di setiap negara yaitu di Indonesia hanya mencapai 47,8%, di India rata-ratakeberhasilan pengobatan ≥55%, dan di Taiwan mencapai 82,9%.Faktor-faktor yang mempengaruhi pelaksanaan pengobatan dalam kajian pustaka ini adalah jenis kelamin, usia, tingkat pendidikan pasien, lama waktu pengobatan, pembiayaan, dan efek samping obat. Kata kunci : PMDT, Tuberkulosis, Resistan Obat

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions:Faculty of Public Health > Department of Public Health
ID Code:81686
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:08 Oct 2020 10:21
Last Modified:08 Oct 2020 10:21

Repository Staff Only: item control page