Semarang Creative Hub

Putri Bhayangkari , Kartika and Setyowati, Erni and Indriastjario, Indriastjario (2019) Semarang Creative Hub. Undergraduate thesis, Fakultas Teknik Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF
314Kb
[img]
Preview
PDF
91Kb
[img]
Preview
PDF
256Kb
[img]PDF
Restricted to Repository staff only

529Kb
[img]
Preview
PDF
150Kb
[img]PDF
Restricted to Repository staff only

758Kb
[img]PDF
Restricted to Repository staff only

1396Kb
[img]
Preview
PDF
375Kb
[img]
Preview
PDF
825Kb

Abstract

Menurut IAP (Ikatan Ahli Perencanaan) Indonesia, Kota Semarang termasuk sebagai Kota Layak Huni ke 6 setelah Kota Solo, Palembang, Balikapapan, Denpasar, dan Tangerang Selatan. Selain itu Kota Semarang merupakan Ibu Kota Provinsi Jawa Tengah, sekaligus sebagai Kota Metropolitan terbesar kelima di Indonesia setelah Jakarta, Surabaya, Bandung, dan Medan. Sebagai kota dengan status Kota Meropolitan dan Ibu Kota Provinsi, aspek kehidupan yang berkembang di Kota Semarang sangatlah beragam. Salah satu aspek yang berkembang di Semarang adalah sektor perekonomian masyarakat. Kota Semarang sendiri mempunyai peningkatan ekonomi sebesar 5,2%-5,6% yang sebagian besar dipengaruhi oleh industri kreatif dari perdagangan dan usaha. Namun,di Kota Semarang masih minim akan wadah pengembangan kreatifitas, pemerintah hanya menyediakan sektor promosi seperti UMKM Center Semarang, dan Gallery Kreatif Semarang yangmana di tempat tersebut hanya dapat mempromosikan karya yang sudah ada, sehingga kurang cukup memperluas cabang lapangan pekerjaan baru dan hanya berhenti di salah satu sektor saja. Padahal sebagai Ibu Kota Provinsi jawa Tengah, Kota Semarang harus dapat menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) atau perdagangan bebas kawasan ASEAN. Masyarakat didorong untuk lebih kratif dan inovatif, selain itu juga menorong masyarakat untuk menggunakan produk- produk lokal, serta mengembangkan budaya lokal, sehingga masyarakat tidak hanya menjadi objek pasar namun juga pelaku pasar. Dengan demikian Kota Semarang membutuhkan sebuah wadah pengembang kreatifitas yaitu Semarang Creative HUB. Pedoman perencanaan dan perancangan Semarang Creative HUB dirumuskan dari persyaratan bangunan gedung Creative HUB yang dikeluarkan pemerintah, adanya analisa perencanaan yang pada dasarnya berkaitan dengan pendekatan aspek fungsional, kontekstual, dan aspek kerja. Serta berisi tentang besaran ruang pada bangunan.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:N Fine Arts > NA Architecture
Divisions:Faculty of Engineering > Department of Architecture Engineering
Faculty of Engineering > Department of Architecture Engineering
ID Code:81572
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:25 Sep 2020 14:10
Last Modified:25 Sep 2020 14:10

Repository Staff Only: item control page