FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN PEMANFAATAN POSYANDU USIA LANJUT (STUDI KASUS DI WILAYAH KERJA 6 PUSKESMAS KOTA SEMARANG)

PRIHATININGSIH, ARUM (2020) FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN PEMANFAATAN POSYANDU USIA LANJUT (STUDI KASUS DI WILAYAH KERJA 6 PUSKESMAS KOTA SEMARANG). Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF - Published Version
13Kb

Abstract

Program puskesmas santun usia lanjut bertujuan untuk membantu memenuhi kebutuhan usia lanjut agar tetap sehat dan mandiri. Puskesmas melakukan upaya pelayanan diluar gedung salah satunya berupa posyandu usia lanjut dengan tujuan untuk meningkatkan jumlah cakupan usia lanjut dalam mendapatkan upaya pelayanan kesehatan. Pada pelaksanaannya di Kota Semarang, pelayanan kesehatan usia lanjuttidak dimanfaatkan secara optimal yang berdampak pada rendahnya cakupan pelayanan kesehatan usia lanjut. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang berhubungan dengan pemanfaatan posyandu usia lanjut di wilayah kerja 6 Puskesmas Kota Semarang. Penelitian ini merupakan penelitian survei dengan metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah kelompok usia lanjut di 6 puskesmas Kota Semarang (Poncol, Miroto, Halmahera, Krobokan, Bandarharjo, dan Mangkang). Jumlah sampel pada penelitian ini sebanyak 70 usia lanjut. Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan antara sikap (p=0,048), kepercayaan (p=0,000), akses (p=0,000), peran kader (p=0,000), peran petugas kesehatan (p=0,000), dukungan keluarga (p=0,015), fasilitas (p=0,000), dan persepsi kerentanan penyakit (0,002) masing-masing terhadap pemanfaatan posyandu usia lanjut di Wilayah Kerja 6 Puskesmas Kota Semarang. Berdasarkan hasil penelitian, peneliti menyarankan agar dilakukan kegiatan monitoring dan evaluasi dari Dinas Kesehatan Kota Semarang setiap 3 bulan sekali, dilakukan kerja sama dengan lurah dan petugas kesehatan dalam bentuk sosialisasi, puskesmas memberikan pelatihan dalamberkomunikasi bagi kader posyandu, pengembangan kegiatan berupa senam dan menyanyi bersama, dilakukannya sosialisasi untuk memberikan pemahaman kepada kelompok usia lanjut dan keluarganya terkait pentingnya pemanfaatan posyandu kesehatan usia lanjut. Kata Kunci : posyandu, puskesmas, usia lanjut

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions:Faculty of Public Health > Department of Public Health
ID Code:81481
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:11 Sep 2020 14:52
Last Modified:11 Sep 2020 14:52

Repository Staff Only: item control page