FAKTOR-FAKTOR DOMINAN DALAM MEMBENTUK KARAKTERISTIK PASAR TRADISIONAL (Studi Kasus : Pasar Tradisional Desa Gawok – Sukoharjo)

Iskandar, Dedi and Budi Sardjono , Agung and Wijayanti, Wijayanti (2020) FAKTOR-FAKTOR DOMINAN DALAM MEMBENTUK KARAKTERISTIK PASAR TRADISIONAL (Studi Kasus : Pasar Tradisional Desa Gawok – Sukoharjo). Masters thesis, Magister of Architecture.

[img]Microsoft Word - Submitted Version
1424Kb

Abstract

Pasar telah lama menjadi bagian dalam terbentuknya peradaban kota. Di Jawa contohnya, pasar menjadi salah satu unsur utama dalam membentuk tata kota kerajaan Kasunanan Surakarta. Seperti halnya pasar Gawok, salah satu pasar tradisional yang tumbuh dalam pandangan kehidupan sosial masyarakat Jawa, serta sistem penataan pasar kerajaan Jawa yang masih bertahan hingga sekarang. Dengan segala karakteristiknya pasar Gawok masih bertahan melawan gempuran arus modernisasi dan pemahaman serta ideologi rasionalis yang mengikis budaya dan tradisi kearifan lokalnya. Dikhawatirkan hal ini berdampak pada memudarnya eksistensi pasar Gawok dan pasar tradisional lainnya yang ujungnya berimbas pada hilangnya pasar tradisional. Maka penelitian ini mempunyai tujuan untuk mencari faktor-faktor dominan dalam membentuk karakteristik pasar tradisional dalam lokus penelitian pasar Gawok di Sukoharjo. Metode penelitian kualitatif sebagai landasan penelitian dan pendekatan eksploratif dengan cara observasi secara langsung dan wawancara dengan informan terpilih secara mendalam, data yang didapat kemudian di reduksi dan dianalisis agar didapatkan temuannya. Hasil penelitian didapatkan temuan berupa faktor lingkungan, faktor ekonomi, faktor fisik, dan faktor nonfisik dalam wujud budaya yang membentuk karakteristik pasar Gawok serta mempengaruhi eksistensinya. Temuan ini diharapkan dapat digunakan sebagai salah satu rekomendasi dalam usaha membangun, mempertahankan,serta melestarikan pasar-pasar tradisional yang berbudaya kearifan lokal di Indonesia Kata Kunci : Karakteristik, Pasar Tradisional, Kearifan lokal

Item Type:Thesis (Masters)
Subjects:N Fine Arts > NA Architecture
Divisions:School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Architecture
ID Code:81426
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:31 Aug 2020 10:31
Last Modified:03 Aug 2021 13:28

Repository Staff Only: item control page