ANALISIS EFISIENSI EKONOMIS PENGGUNAAN FAKTOR-FAKTOR PRODUKSI USAHATANI PADI DAN MINA PADI DI GAPOKTAN TANI MANDIRI KECAMATAN TAWANGSARI KABUPATEN SUKOHARJO

Merliana, Alifa (2020) ANALISIS EFISIENSI EKONOMIS PENGGUNAAN FAKTOR-FAKTOR PRODUKSI USAHATANI PADI DAN MINA PADI DI GAPOKTAN TANI MANDIRI KECAMATAN TAWANGSARI KABUPATEN SUKOHARJO. Undergraduate thesis, Program Studi S1 Agribisnis Departemen Pertanian.

[img]
Preview
PDF
196Kb
[img]
Preview
PDF
321Kb
[img]
Preview
PDF
420Kb
[img]
Preview
PDF
437Kb
[img]
Preview
PDF
354Kb
[img]
Preview
PDF
85Kb
[img]
Preview
PDF
213Kb
[img]
Preview
PDF
1316Kb

Abstract

Tujuan dari penelitian (1) menganalisis pengaruh penggunaan faktor produksi yang terdiri dari luas lahan, benih, pupuk, tenaga kerja, dan variabel dummy terhadap produksi padi usahatani padi dan mina padi, (2) membandingkan hasil produksi padi pada usahatani padi dan mina padi, (3) menganalisis efisiensi ekonomis penggunaan faktor produksi usahatani padi dan mina padi (4) mengetahui pendapatan usahatani padi dan mina padi. Penelitian dilaksanakan pada bulan November 2019 – Januari 2020 di Gapoktan Tani Mandiri, Kecamatan Tawangsari, Kabupaten Sukoharjo. Metode penelitian yang digunakan adalah survei. Lokasi penelitian dipilih secara purposive. Metode pengambilan sampel dengan teknik sampel jenuh. Analisis data yang digunakan adalah uji pengaruh secara serempak (Uji F) dan parsial (Uji t), uji beda independent sample t-test dan one sample t-test, regresi linier berganda dengan fungsi produksi model Cobb-Douglas, analisis efisiensi teknis berdasarkan nilai elastisitas produksi, analisis ekonomis berdasarkan rasio NPM dan BKM, serta analisis pendapatan usahatani. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor produksi lahan, benih, pupuk, tenaga kerja, dan variabel dummy berpengaruh secara serempak terhadap produksi padi. Faktor produksi luas lahan dan benih berpengaruh secara parsial terhadap produksi padi sedangkan pupuk, tenaga kerja, dan variabel dummy tidak berpengaruh. Tidak terdapat perbedaan jumlah produksi tiap satuan lahan antara produksi padi pada usahatani padi dan mina padi. Penggunaan faktor produksi usahatani padi tidak efisien secara teknis dan ekonomis begitu juga dengan penggunaan faktor produksi usahatani mina padi. Usahatani padi menghasilkan pendapatan sebesar Rp 9.792.683,33 dengan rata-rata penggunaan lahan 0,5767 ha dan usahatani mina padi menghasilkan pendapatan sebesar Rp 10.946.700,00 dengan rata-rata penggunaan lahan 0,3692 ha. Kata Kunci: padi, mina padi, faktor produksi, efisiensi ekonomi.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions:Faculty of Animal and Agricultural Sciences > Department of Agribusiness
ID Code:81415
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:19 Nov 2020 13:20
Last Modified:19 Nov 2020 13:20

Repository Staff Only: item control page