ANALISIS METODE PEMBERKASAN ARSIP DINAMIS AKTIF DI BAGIAN UMUM DAN KEPEGAWAIAN BADAN ARSIP DAN PERPUSTAKAAN PROVINSI JAWA TENGAH

NIHAYATI, TRI BHEKTI (2016) ANALISIS METODE PEMBERKASAN ARSIP DINAMIS AKTIF DI BAGIAN UMUM DAN KEPEGAWAIAN BADAN ARSIP DAN PERPUSTAKAAN PROVINSI JAWA TENGAH. Undergraduate thesis, Fakultas Ilmu Budaya.

[img]PDF
7Mb

Abstract

Skripsi ini berfokus pada pemberkasan dalam kegiatan kearsipan, yang sangat berperan penting dalam memudahkan temu kembali arsip pada Badan Arsip dan Perpustakaan Provinsi Jawa Tengah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui metode pemberkasan arsip dinamis aktif, prosedur temu kembali serta kendala dalam pemberkasan arsip dinamis aktif. Penelitian ini menggunakan desain penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif dan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan wawancara. Informan dalam penelitian ini terdiri atas tiga informan, yaitu arsiparis , calon arsiparis dan satu informan kunci yag menjabat sebagai kepala Bagian Umum dan Kepegawaian BARPUS Jateng. Analisis data dalam penelitian ini dilakukan menggunakan analisis data menurut Haris Herdiansyah, yaitu terdiri atas pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode pemberkasan yang digunakan di Bagian Umum dan Kepegawaian Badan Arsip dan Perpustakaan Provinsi Jawa Tengah yaitu dengan metode klasifikasi. Arsip diberkaskan berdasarkan nomor klasifikasi yang didalamnya terdapat keterangan subjek untuk memudahkan dalam penempatan dan pengambilan arsip. Pencarian arsip sudah menggunakan elektronik namun untuk pengambilan arsipnya masih dengan cara manual mengambil di filing cabinet. Prosedur pemberkasan arsip dimulai dari pengecekan surat, pemberian kode klasifikasi sementara serta input data ke komputer, disposisi surat oleh pimpinan, setelah didisposisi, pengecekan kode klasifikasi, lalu dilakukan penyimpanan. Kendala yang dialami dalam pemberkasan arsip di Badan Arsip dan Perpustakaan Jawa Tengah yaitu kurangnya filling cabinet serta kurangnya sumber daya manusia dalam menangani arsip.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z719 Libraries (General)
Divisions:Faculty of Humanities > Department of Library Science
ID Code:81350
Deposited By:mrs Perpustakaan FIB
Deposited On:13 Aug 2020 11:56
Last Modified:13 Aug 2020 11:56

Repository Staff Only: item control page