DAMPAK IMPLEMENTASI OTOMASI DI PERPUSTAKAAN SMA ISLAM HIDAYATULLAH SEMARANG

Astari, Unzilla (2016) DAMPAK IMPLEMENTASI OTOMASI DI PERPUSTAKAAN SMA ISLAM HIDAYATULLAH SEMARANG. Undergraduate thesis, Fakultas Ilmu Budaya.

[img]PDF
9Mb

Abstract

Perkembangan teknologi informasi yang semakin pesat ini menuntut perpustakaan untuk lebih aktif, dinamis, cepat dan sistematis dalam segala hal baik dalam pelayanan maupun sumber informasi yang disajikan. Penelitian ini betujuan untuk mengetahui dampak implementasi otomasi di Perpustakaan SMA Islam Hidayatullah Semarang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu observasi, wawancara, dan studi dokumen. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa adanya implementasi otomasi di perpustakaan SMA Islam Hidayatullah Semarang dapat memberikan dampak yang positif bagi pengelola perpustakaan yaitu, dapat membantu sebagian dari pekerjaan pustakawan yang sifatnya berulang-ulang seperti pada kegiatan pengelolaan koleksi bahan pustaka yang meliputi inventaris, katalogisasi, pembuatan barcode, dan pembuatan label. Selain itu, dengan mengimplementasikan teknologi informasi otomasi di perpustakaan kegiatan pengolahan informasi juga dapat dilakukan dengan cepat karena pustakawan sudah diberikan kolom ruas-ruas khusus untuk mengisi daftar bibliografi, begitu juga dalam kegiatan sirkulasi, dengan bantuan sistem informasi dan bantuan scaner kegiatan sirkulasi dapat dilakukan dengan cepat. Namun, dibalik dampak positif tersebut, mengandung dampak negatif bagi pemustaka, yaitu pemustaka masih memiliki perilaku dan kebiasaan yang kurang baik yaitu selalu menggantungkan proses penelusuran informasi pada pustakawan. Kendala yang dihadapi yaitu kurangnya pengetahuan pemustaka terhadap adanya penerapan otomasi fasilitas OPAC layanan pencarian informasi koleksi bahan pustaka di perpustakaan.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources > ZA4050 Electronic information resources
Divisions:Faculty of Humanities > Department of Library Science
ID Code:81343
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:13 Aug 2020 11:01
Last Modified:13 Aug 2020 11:01

Repository Staff Only: item control page