PERAN PERPUSTAKAAN DESA “MUTIARA” DALAM PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DESA KALISIDI KECAMATAN UNGARAN BARAT KABUPATEN SEMARANG

Maskurotunitsa, Ragilina Siti (2016) PERAN PERPUSTAKAAN DESA “MUTIARA” DALAM PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DESA KALISIDI KECAMATAN UNGARAN BARAT KABUPATEN SEMARANG. Undergraduate thesis, Fakultas Ilmu Budaya.

[img]PDF
2600Kb

Abstract

Skripsi ini berjudul “Peran Perpustakaan Desa “Mutiara” dalam Pemberdayaan Masyarakat Desa Kalisidi Kecamatan Ungaran Barat Kabupaten Semarang”. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peran perpustakaan desa “Mutiara” dalam pemberdayaan masyarakat Desa Kalisidi Kecamatan Ungaran Barat Kabupaten Semarang. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif. Penulis melakukan wawancara mendalam terhadap tujuh orang informan yang dipilih berdasarkan teknik Purposive Sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan melakukan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini menggunakan pendekatan trianggulasi sebagai uji keabsahan data. Hasil dari penelitian ini yaitu peran perpustakaan desa “Mutiara” dalam pemberdayaan masyarakat adalah sebagai pembantu dan pendukung masyarakat Desa Kalisidi dalam meningkatkan kualitas hidupnya agar menjadi pribadi yang mandiri dan berpotensi. Pemberdayaan masyarakat yang dilakukan oleh perpustakaan desa “Mutiara” dalam bidang pendidikan, lingkungan, dan ekonomi. Masyarakat menjadi lebih giat dan termotivasi dengan adanya program pemberdayaan tersebut.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z719 Libraries (General)
Divisions:Faculty of Humanities > Department of Library Science
ID Code:81333
Deposited By:mrs Perpustakaan FIB
Deposited On:13 Aug 2020 09:52
Last Modified:13 Aug 2020 09:52

Repository Staff Only: item control page