KONSEP PERPUSTAKAAN UMUM IDEAL BERDASARKAN PERSEPSI PEMUSTAKA DAN PUSTAKAWAN DI PERPUSTAKAAN DAN ARSIP DAERAH KABUPATEN SEMARANG

Syarifudin, Syarifudin (2016) KONSEP PERPUSTAKAAN UMUM IDEAL BERDASARKAN PERSEPSI PEMUSTAKA DAN PUSTAKAWAN DI PERPUSTAKAAN DAN ARSIP DAERAH KABUPATEN SEMARANG. Undergraduate thesis, Fakultas Ilmu Budaya.

[img]PDF
7Mb

Abstract

Penelitian ini berjudul “Konsep Perpustakaan Umum Ideal Berdasarkan Persepsi Pemustaka dan Pustakawan di Perpustakaan dan Arsip Daerah Kabupaten Semarang”. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana seharusnya perpustakaan umum dikembangkan sehingga menjadi perpustakaan umum yang ideal bagi masyarakat Kabupaten Semarang. Penelitian ini menggunakan desain penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif dan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan wawancara terstruktur. Informan dalam penelitian ini berjumlah enam orang yang terdiri dari empat orang informan pemustaka (PNS, umum, mahasiswa dan pelajar SMA/ SMK) dan dua informan pustakawan sebagai informan kunci. Analisis data dilakukan menggunakan teori Miles dan Huberman, yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penyelenggaraan Perpustakaan dan Arsip Daerah Kabupaten Semarang sudah cukup ideal. Gambaran dan ukuran ideal menurut informan terdiri dari lima aspek, yaitu: pertama, SDM perpustakaan adalah orang yang memiliki latar belakang kepustakaan, berkarakter dan professional. Kedua, fasilitas dan layanan yang disediakan perpustakaan beragam dan berfungsi mempermudah aktivitas pemustaka dalam penelusuran informasi. Ketiga, desain dan tata ruang perpustakaan dirancang dengan memperhatikan lokasi, kemudahan akses, pencahayaan dan pewarnaan ruangan, suhu serta dekorasi pendukung. Keempat, sumber informasi beragam dengan subjek ilmu yang variatif, berkualitas, mutakhir dan memiliki kuantitas yang mencukupi. Kelima, program kegiatan yang diselenggarakan perpustakaan beragam, terjadwal dengan baik dan bertujuan untuk memberdayakan masyarakat.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z719 Libraries (General)
Divisions:Faculty of Humanities > Department of Library Science
ID Code:81326
Deposited By:mrs Perpustakaan FIB
Deposited On:13 Aug 2020 09:07
Last Modified:13 Aug 2020 09:08

Repository Staff Only: item control page