Nurani, Remaylian and Roessali, Wiludjeng and Ekowati, Titik (2021) ANALISIS KEPUASAN PENGUNJUNG AGROWISATA JOLLONG PATI DITINJAU DARI DIMENSI SERVQUAL. Jurnal Agrisocionomics Fakultas Peternakan dan Pertanian Universitas Diponegoro, 5 (2). pp. 1-11. ISSN 2580-0566
| PDF 525Kb | |
| PDF 596Kb |
Official URL: https://ejournal.undip.ac.id/index.php/agrisociono...
Abstract
Kepuasan konsumen merupakan indikator bagi keberlanjutan suatu bisnis. Penilaian pengunjung yang baik pada bisnis agrowisata akan mempengaruhi keberlangsungan usaha tersebut. Pengunjung akan memberikan penilaian yang baik ketika kinerja pelayanan yang diberikan juga baik. Tujuan penelitian ini untuk melakukan kajian terhadap kinerja dari atribut kualitas pelayanan (servqual dimension) Agrowisata Jollong dan mengukur indeks kepuasan pengunjung Agrowisata Jollong dari aspek kualitas pelayanannya. Pengumpulan data penelitian dilakukan dengan metode survei. Pengambilan data dilaksanakan pada Desember 2019 – Januari 2020 di Agrowisata Jollong yang terletak di Desa Sitiluhur, Kecamatan Gembong, Kabupaten Pati. Lokasi penelitian ditentukan secara purposive dengan alasan bahwa kondisi dan keindahan alam di Agrowisata Jollong potensial untuk dikembangkan. Sampel penelitian ini merupakan pengunjung Agrowisata Jollong yang dipilih secara accidental/kebetulan, jumlah sampel yang digunakan yaitu 100 orang, ditentukan dengan metode quota. Metode analisis yang digunakan yaitu Importance Performance Analysis (IPA) dan Customer Satisfaction Index (CSI). Hasil analisis menunjukkan bahwa rata-rata skor kesesuaian (Tki) yang diukur dengan IPA yaitu 86,70% artinya masih ada kinerja yang belum memenuhi harapan pengunjung sehingga perlu dilakukan perbaikan. Indeks kepuasan pengunjung Agrowisata Jollong yang diukur dengan CSI menunjukkan nilai 67,20% sehingga tergolong dalam kategori puas. Rekomendasi penelitian yang dapat diberikan yaitu melakukan perbaikan terhadap atribut-atribut prioritas, diantaranya yaitu membangun kembali fasilitas toilet dan memperbaiki fasilitas/wahana yang rusak, memberikan layanan free wifi, menyediakan tempat sampah beserta papan petunjuk, menyediakan fasilitas kesehatan dan membuat jalur penghubung antara kebun Jollong dan Kebun Jurang.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | S Agriculture > S Agriculture (General) |
Divisions: | Faculty of Animal and Agricultural Sciences > Department of Agribusiness |
ID Code: | 81319 |
Deposited By: | INVALID USER |
Deposited On: | 19 Nov 2020 13:27 |
Last Modified: | 19 Nov 2020 13:27 |
Repository Staff Only: item control page