GAMBARAN PENGELOLAAN RANTAI DINGIN VAKSIN IMUNISASI DASAR LENGKAP (Studi kasus di 27 Puskesmas Induk di Kabupaten Purworejo)

GIRSANG, ADE MONALISA (2020) GAMBARAN PENGELOLAAN RANTAI DINGIN VAKSIN IMUNISASI DASAR LENGKAP (Studi kasus di 27 Puskesmas Induk di Kabupaten Purworejo). Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF - Published Version
12Kb

Abstract

Imunisasi adalah salah satu upaya yang dapat dilakukan dalam upaya menaikkan angka kesehatan. Upaya imunisasi ini dilakukan dalam bentuk pemberian Vaksin yang mampu menimbulkan kekebalan aktif dan khas pada manusia. Tujuan Penelitian untuk mendeskripsikan status pengelolaan rantai dingin Vaksin serta faktor pendukung program imunisasi dasar di 27 puskesmas induk Kabupaten Purworejo. Rancangan penelitian ini adalah observasional deskriptif. Sampel penelitian ini adalah 27 Puskesmas induk di Kabupaten Purworejo. Hasil penelitian menunjukkan Rata-rata skor adalah 40,81 dan median adalah 41 dengan skor maksimal 45 dan skor minimal 39. Faktor pendukung dalam pengelolan rantai dinginvaksin adalah Petugas yang kompeten dan kelengkapan perlengkapan pengelolaan rantai dingin Vaksin. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pengelolaan rantai dingin Vaksin di 27 Puskesmas Induk di Kabupaten Purworejo sudah dapat dikategorikan baik sesuai dengan Permenkes Nomor 12 tahun 2017 tentang Penyelenggaraan Imunisasi. Kata kunci: Rantai dingin Vaksin, pengelolaan

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions:Faculty of Public Health > Department of Public Health
ID Code:81255
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:30 Jul 2020 11:09
Last Modified:30 Jul 2020 11:09

Repository Staff Only: item control page