PENGARUH PELATIHAN SELF-COMPASSION SECARA DARING TERHADAP PENERIMAAN DIRI PADA MAHASISWA DENGAN FOBIA SPESIFIK RINGAN

Indrawati, Nur Diana and Kaloeti, Dian Veronika Sakti (2020) PENGARUH PELATIHAN SELF-COMPASSION SECARA DARING TERHADAP PENERIMAAN DIRI PADA MAHASISWA DENGAN FOBIA SPESIFIK RINGAN. Undergraduate thesis, Undip.

[img]
Preview
PDF
386Kb

Abstract

Mahasiswa tahun pertama kuliah (mahasiswa baru) perlu menguasai cara mengatur lingkungan sosial yang baru, sehingga individu harus menyesuaikan dengan lingkungan mereka, mengembangkan identitas diri mereka dan membentuk hubungan dekat dengan orang lain.Untuk tujuan ini individu harus bisa mengembangkan diri dan menerima diri mereka. Mahasiswa yang berjuang dengan fobia akan lebih sulit untuk memiliki penerimaan diri. Pelatihan self-compassion disebutkan dapat membantu individu untuk meningkatkan emosi positif dalam diri mereka. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pelatihan self-compassion secara daring untuk meningkatkan penerimaan diri pada mahasiswa tahun pertama dengan fobia spesifik ringan. Desain yang digunakan yaitu randomized pretest-postest control group design. Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa baru dengan tingkat fobia spesifik ringan dan penerimaan diri yang rendah dan sedang. Terdapat total 26 subjek dalam penelitian ini, 14 subjek di kelompok eksperimen dan 12 subjek di kelompok kontrol. Pengambilan data menggunakan skala Severity Measure for Specific Phobia—Adult dari APA dan skala penerimaan diri yang disusun menggunakan aspek dari Berger, skala ini disebarkan secara daring. Hasil uji menunjukkan tidak ada perbedaan signifikan antara kelompok kontrol dan kelompok eksperimen (p=0,059 (0>0,05) untuk uji Mann-Whitney U. Selanjutnya dilakukan uji Friedman untuk mengetahui perbedaan pada kelompok eksperimen dari sebelum dan sesudah diberi perlakuan dan mengikuti follow-up. Hasil uji menunjukkan terdapat perbedaan signifikan pada kelompok eksperimen sebelum dan sesudah diberi perlakuan, serta setelah mengikuti follow-up (p=0,018, p<0,05). Hal tersebut mengindikasikan bahwa pelatihan self-compassion secara daring dapat dilakukan untuk meningkatkan penerimaan diri pada mahasiswa tahun pertama Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro dengan fobia spesifik ringan.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions:Faculty of Psychology > Department of Psychology
ID Code:81226
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:24 Aug 2020 21:08
Last Modified:24 Aug 2020 21:08

Repository Staff Only: item control page