FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN LAMA PENGOBATAN TUBERKULOSIS PARU PADA PASIEN TUBERKULOSIS DENGAN DIABETES MELLITUS (Studi di Wilayah Kerja Puskesmas Bandarharjo, Puskesmas Tlogosari Kulon, dan Puskesmas Pegandan)

QOYYIMA, DIINA UL (2020) FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN LAMA PENGOBATAN TUBERKULOSIS PARU PADA PASIEN TUBERKULOSIS DENGAN DIABETES MELLITUS (Studi di Wilayah Kerja Puskesmas Bandarharjo, Puskesmas Tlogosari Kulon, dan Puskesmas Pegandan). Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF - Published Version
6Kb

Abstract

Prevalensi kasus TB pada pasien TB dengan DM yang mengalami pengobatan TB lebih lama meningkat di dunia. Berdasarkan studi pendahuluan, 62 dari 75 pasien TB dengan DM yang menjadi responden mengalami pengobatan TB lebih dari 6 bulan (82,6%). Pasien TB dengan DM memiliki risiko lebih besar mengalami pengobatan TB lebih lama. Tujuan penelitian yaitu menganalisis faktor-faktor yang berhubungan dengan lama pengobatan tuberkulosis paru pada pasien tuberkulosis dengan diabetes mellitus di Wilayah Kerja Puskesmas Bandarharjo, Puskesmas Tlogosari Kulon dan Puskesmas Pegandan. Jenis penelitian yaitu observasional analitik dengan desain studi cross sectional. Penelitian ini dilaksanakan di Wilayah Kerja Puskesmas Bandarharjo, Puskesmas Tlogosari Kulon dan Puskesmas Pegandan pada Bulan Oktober 2019-Maret 2020. Penelitian ini menggunakan teknik simple random sampling. Sampel penelitian berjumlah 75 sampel, terdiri dari 62 responden TB dengan DM dengan lama pengobatan TB >6 bulan dan 13 responden TB dengan DM dengan lama pengobatan 6 bulan. Analisis data menggunakan uji Chi Squaredengan hasil faktor yang berhubungan dengan lama pengobatan TB pada pasien TB dengan DM adalahstatus kontrol gula darah (p=0,001) dan status kepatuhan minum obat (p=0,011). Tidak terdapat hubungan jenis kelamin,umur, status pekerjaan, status gizi, tingkat pengetahuan, intensitas olahraga dan aktivitas fisik, konsumsi rokok, peran pengawas minum obat, kondisi lingkungan fisik rumah, peran keluarga dan akses pelayanan kesehatan dengan lama pengobatan TB pada pasien TB dengan DM. Oleh karena itu, edukasi mengenai TB dengan DM, kontrol gula darah rutin serta kepatuhan minum obat dinilai penting untuk menunjang optimalisasi 6 bulan pengobatan TB. Kata Kunci : Lama Pengobatan, TB dengan DM, Kepatuhan Minum Obat, Kontrol Gula Darah

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions:Faculty of Public Health > Department of Public Health
ID Code:81140
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:27 Jul 2020 15:00
Last Modified:27 Jul 2020 15:00

Repository Staff Only: item control page