TRADISI MENGAJAR GURU DALAM PROSES PEMBELAJARAN ANAK DIFABEL TUNAGRAHITA di SEKOLAH DASAR LUAR BIASA WIDYA BHAKTI KOTA SEMARANG

Dewi, Gayatri Perdana (2019) TRADISI MENGAJAR GURU DALAM PROSES PEMBELAJARAN ANAK DIFABEL TUNAGRAHITA di SEKOLAH DASAR LUAR BIASA WIDYA BHAKTI KOTA SEMARANG. Undergraduate thesis, Fakultas Ilmu Budaya.

[img]PDF
5Mb

Abstract

Tidak ada manusia terlahir di dunia yang sempurna, pasti ada juga kelebihan serta kekurangan. Kekurangan yang dialami anak yang baru lahir sangat bervariasi. Ada yang mengalami tunanetra, tunagrahita bahkan tunarungu. Mereka berhak dan layak mendapatkan pendidikan agar menjadi bekal hidup mereka di kemudian hari saat dewasa. Penelitian yang dilakukan dengan judul “Tradisi Mengajar Guru dalam Proses Pembelajaran Anak Difabel Tunagrahita di Sekolah Dasar Luar Biasa Widya Bhakti Kota Semarang”. Penelitian ini menggunakan teori struktural fungsional dimana terdapat 3 unsur yang penting yakni guru, siswa dan orang tua. Ketiga unsur tersebut mempunyai fungsi masing-masing dan saling berkaitan. Adapun permasalahan yang ada adalah agar mengetahui budaya apa saja saat proses pembelajaran berlangsung saat melakukan perencanaan, pelaksanaan hingga evaluasi serta penggunaan bahasa yang digunakan dalam berkomunikasi. Penelitian ini menggunakan metode etnografi. Etnografi merupakan suatu metode untuk mendeskripsikan masyarakat atau kebudayaan. Selain itu menggunakan data kualitatif dan sumber data primer dan data sekunder. Sumber data primer dari hasil observasi dan wawancara mendalam sedangkan sumber data primer dari buku atau penelitian terdahulu. Dari hasil penelitian yang dilakukan bahwa tradisi mengajar yang berada di sekolah sudah mempunyai wujud kebudayaan yaitu berupa ide, tindakan dan hasil dari karya yang nyata. Ide berupa pemikiran dimana guru mengungkapkan alon-alon asal kelakon, sedangkan tindakan berupa pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan guru terhadap siswa dari pagi hingga siang. Hasil karyanya berupa bentuk buku hasil dari penilaian guru terhadap siswa. Penggunaan bahasa yang digunakan untuk komunikasi menggunakan Bahasa Indonesia dan Bahasa Jawa Ngoko. Noone born perfect in this world, they must have some advantages and disadvantages. Deficiencies experienced by newborn children vary greatly. There are those who experience blindness, mentally disabled and even hearing impairment. They have the right and deserve to get proper education so that they can prepare for their lives later when they are adults. The research was carried out under the title “Teacher Teaching Tradition at Mentally Disabled Children’s Learning Proess in The Education of Physically and Mentally Handicapped Children of Widya Bhakti, Semarang City. This research uses functional structural theory where there are 3 important elements, namely teachers, students and parents. These three elements have their respective functions and are interrelated. The problems that exist are to know any culture when the learning process takes place while planning, implementing and evaluating and what language is used to communicate. This study uses ethnographic methods. Ethnography is a method for describing society or culture. Besides that, it uses qualitative data from primary and secondary data sources. Primary data sources from the results of observations and in-depth interviews while the primary data sources from books or previous research. From the results of research conducted that the tradition of teaching in schools has a cultural form that is in the form of ideas, actions and results of real work. The idea is in the form of thoughts where the teacher expresses the origin of the kelakon, while the action takes the form of the implementation of the teacher's learning to students from morning to afternoon. The results of his work in the form of a book result from the teacher's assessment of students. The use of language used for communication uses Indonesian and Javanese languages Ngoko.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:G Geography. Anthropology. Recreation > GN Anthropology
Divisions:Faculty of Humanities > Department of Anthroplogy
ID Code:81115
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:23 Jul 2020 14:42
Last Modified:23 Jul 2020 14:42

Repository Staff Only: item control page