STRATEGI BERTAHAN PEDAGANG ASONGAN PADA PAGUYUBAN KINANTI (Studi Deskriptif di Terminal Colo Desa Colo Kecamatan Dawe Kabupaten Kudus)

NI’MAH, KHOIRUN (2020) STRATEGI BERTAHAN PEDAGANG ASONGAN PADA PAGUYUBAN KINANTI (Studi Deskriptif di Terminal Colo Desa Colo Kecamatan Dawe Kabupaten Kudus). Undergraduate thesis, Fakultas Ilmu Budaya.

[img]
Preview
PDF
1905Kb

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi bertahan para pedagang asongan yang berada di Terminal Colo dalam menghadapi persaingan dagang yang cukup tinggi di area Obyek Wisata Colo Kabupaten Kudus. Pedagang asongan di Terminal Colo ini tergabung dalam sebuah wadah yang bernama Paguyuban Pedagang Asongan Kinanti dengan tujuan untuk menjaga keamanan, membangun solidaritas, dan mengkoordinir para pedagang asongan itu sendiri. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan beberepa teknik penelitian, yaitu observasi, wawancara, dokumentasi, dan studi pustaka. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pedagang asongan di Terminal Colo berasal dari masyarakat yang tinggal di sekitar Gunung Muria. Pada penelitian ini juga diketahui mengenai beberapa bentuk barang dagangan yang dijual pedagang asongan, faktor yang mendorong untuk menjadi pedagang asongan, dan peran sebagai pedagang asongan. Dapat disimpulkan bahwa pedagang asongan di Terminal Colo ini memiliki dua macam bentuk strategi yaitu strategi paguyuban dan strategi dari pedagang asongan itu sendiri. Strategi dari paguyuban dilakukan melalui kegiatan seperti pertemuan rutin, selametan, halal bihalal, refreshing, dan kerjasama dengan pihak luar sedangkan strategi dari pedagang dilakukan dengan cara menaati peraturan, menjaga sopan santun, komunikasi yang baik, memaksimalkan jam kerja, sikap pantang menyerah, dan memanfaatkan media sosial. This research purposes to understand survival strategies of hawkers in the Colo Bus Station in dealing with the fairly high trade competitions in the Colo Tourism Object in Kudus Regency. The hawkers in the Colo Bus Station merged into a container that named Hawkers’ Association of Kinanti with a purpose to maintain securities, to build solidarities, and to coordinate the hawkers themselves. This research is a descriptive qualitative research with several research technique, namely observations, interviews, documentations, and literature studies. This research result reveal that the hawkers in the Colo Bus Station come from people living around Mount Muria. This research also indicates some forms of merchandise sold by the hawkers, factors that encourage to be hawkers, and the roles of hawkers. It can be concluded that the hawkers in the Colo Bus Station have two types of strategies called the association strategy and the strategy of the hawkers themselves. The strategies of the association are carried out through activities such as routine meetings, selametan, halal bihalal, refreshing, and cooperations with outsiders, while the strategies of the traders are carried out by obeying the rules, maintaining good manners, good communications, maximizing working hours, unyielding attitudes, and making use of social media.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:G Geography. Anthropology. Recreation > GN Anthropology
Divisions:Faculty of Humanities > Department of Anthroplogy
ID Code:81105
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:23 Jul 2020 14:24
Last Modified:23 Jul 2020 14:24

Repository Staff Only: item control page