ASPEK DAN STRATEGI KESANTUNAN PADA BOOSTER DALAM PERCAKAPAN REALITY SHOW ITADAKI HIGH JUMP EPISODE 1, 2 DAN 3

Pramandhani, Vamelia Aurina (2018) ASPEK DAN STRATEGI KESANTUNAN PADA BOOSTER DALAM PERCAKAPAN REALITY SHOW ITADAKI HIGH JUMP EPISODE 1, 2 DAN 3. Masters thesis, Fakultas Ilmu Budaya.

[img]
Preview
PDF
1671Kb

Abstract

Penggunaan booster dalam bahasa Jepang dapat memicu munculnya konsep kesantunan. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui aspek booster serta keterkaitan booster dengan strategi kesantunan yang dihasilkan dalam kalimat tuturan percakapan. Penulis mengambil data dari percakapan pada sebuah acara dari televisi Jepang yaitu reality show Itadaki High JUMP episode 1, 2 dan 3. Metode penelitian yang digunakan oleh penulis adalah metode deskriptif kuantitatif. Metode ini digunakan untuk menganalisis prosentase kemunculan booster dan alasan kemunculan booster dalam tuturan. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, penulis memperoleh hasil yaitu, diketahui bahwa bentuk booster yang ditemukan dalam kalimat dapat diklasifikasikan berdasarkan tiga kelas kata yaitu verba, adverbia, dan partikel. Pada hasil prosentase diketahui kemunculan booster dari lima kelas kata dengan jumlah total keseluruhan kata yang muncul sebagai booster yaitu sebanyak 242, diketahui booster dari kelas kata partikel lebih banyak muncul yaitu sebesar 49% atau sebanyak 119 kata. Perolehan hasil penelitian berikutnya yaitu, booster yang muncul dapat menghasilkan strategi kesantunan berupa konsep muka positif dan konsep muka negatif. Berdasarkan kemunculan booster yang menghasilkan strategi kesantunan, diketahui bahwa booster lebih banyak menghasilkan strategi kesantunan muka negatif dengan prosentase sebesar 63% dengan jumlah kemunculan sebanyak 64 kalimat. The utilization of “booster” in Japanese languange, could trigger the emergence of the politeness concept. This research was conducted to find out the aspect of “booster” and the relation of “booster” with politeness strategies that generated in spoken data. The author spoken data from dialogue on Japanese television reality show program named Itadaki High JUMP episode 1, 2 and 3. The research method used by the author is a quantitative descriptive method. This method is used to analyze the percentage of “booster” appearance and its reason of the appearance in conversation. From the research that has been done, the authors find out that, “booster” forms that found in sentences can be classified based on five classes of word i.e verbs, adverbs, and particles. In the percentage results, it is known that the occurrence of “booster” from five classes of word with the total number of words that appear as a “booster” is 242, it is noticed that the “booster” from the class of particle words appears more than other, which is 49% or 119 words. The next research result find out that, “booster” that appears can generate politeness strategies in the form of positive face concepts and negative face concepts. Based on the emergence of a “booster” that generates a politeness strategy, it is known that “booster” generate more negative face politeness strategy, with a percentage of 63% and the number of occurrences is 64 in the sentences.

Item Type:Thesis (Masters)
Subjects:P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P1-1091 Philology. Linguistics > P1-85 General
Divisions:School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Linguistic
ID Code:81082
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:23 Jul 2020 12:37
Last Modified:23 Jul 2020 12:37

Repository Staff Only: item control page