AGAMA DAN SENI (Studi Pemanfaatan Seni pada Liturgi Ekaristi di Gereja Katolik St. Athanasius Agung, Karangpanas, Semarang)

Simatupang, Wilmart Paulus (2019) AGAMA DAN SENI (Studi Pemanfaatan Seni pada Liturgi Ekaristi di Gereja Katolik St. Athanasius Agung, Karangpanas, Semarang). Undergraduate thesis, Fakultas Ilmu Budaya.

[img]
Preview
PDF
1902Kb

Abstract

Penelitian ini berfokus pada seni apa yang terkandung dalam perayaan Ekaristi, bagaimana proses perayaan Ekaristi tersebut dan apa relevansinya terhadap upaya peningkatan kesadaran religiusitas umat yang melaksanakannya dengan tujuan untuk memahami simbol, makna dan nilai estetis (seni) yang terkandung dalam perayaan liturgi Ekaristi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan metode etnografi. Data di lapangan, diperoleh dari wawancara, observasi partisipasi dan studi pustaka. Peneliti menggunakan metode snowball sampling dalam menentukan subjek penelitian yang kemudian menghasilkan 7 orang yang berbeda sebagai informan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa simbol ekspresif atau seni merupakan unsur yang harus ada dalam perayaan liturgi Ekaristi. Melalui berbagai macam simbol-simbol seni yang dibangun oleh jemaat gereja dalam sebuah perayaan Ekaristi, umat dapat mengungkapkan tanggapannya terhadap misteri Allah secara manusiawi yaitu melalui perjamuan kudus. Manusia sebagai makhluk yang terdiri dari jiwa dan raganya mampu mengkomunikasikan apa yang terkandung dalam hati dan budinya melalui berbagai macam ekspresi seni. Oleh karena itu seni merupakan salah satu bahasa pengungkapan diri manusia. Keberadaan berbagai macam simbol seni dalam perayaan Ekaristi dapat meningkatkan kesadaran religiusitas umat Katolik, sementara inkulturasi dalam perayaan Ekaristi dapat mengembangkan dorongan estetis (seni) yang terkandung didalamnya. This research focuses on what art is contained in the celebration of the Eucharist, what is the process of celebrating the Eucharist and its relevance to efforts to increase the awareness of religiosity of the people who carry it out in order to understand the symbols, meanings and aesthetic values contained in the celebration of the Eucharistic liturgy. The method used in this study is a qualitative approach with ethnographic methods. Data in the field, obtained from interviews, participant observation and literature. The researcher used the snowball sampling method in determining the subject of the study which then produced 7 different people as informants. Based on the results of this study concluded that expressive symbols or art is an element that must be present in the celebration of the Eucharistic liturgy. Through various kinds of art symbols built by church members in a celebration of the Eucharist, the people can express their response to the mystery of God humanely, namely through communion. Humans as creatures consisting of soul and body are able to communicate what is contained in their hearts and minds through various kinds of artistic expressions. Therefore, art is one of the languages of human self-disclosure. The existence of various kinds of art symbols in the celebration of the Eucharist can increase the awareness of religiosity of Catholics, while inculturation in the celebration of the Eucharist can develop an aesthetic (art) impulse contained therein.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:G Geography. Anthropology. Recreation > GN Anthropology
Divisions:Faculty of Humanities > Department of Anthroplogy
ID Code:81070
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:23 Jul 2020 12:11
Last Modified:23 Jul 2020 12:11

Repository Staff Only: item control page