ANALISIS STRUKTUR WACANA HUMOR DALAM STAND UP COMEDY SEASON 7 OLEH RIDWAN REMIN PADA EPISODE BEST ROASTING: SEBUAH KAJIAN PRAGMATIK

Santoso, Imam (2019) ANALISIS STRUKTUR WACANA HUMOR DALAM STAND UP COMEDY SEASON 7 OLEH RIDWAN REMIN PADA EPISODE BEST ROASTING: SEBUAH KAJIAN PRAGMATIK. Masters thesis, Fakultas Ilmu Budaya.

[img]
Preview
PDF
1405Kb

Abstract

Tuturan memiliki tujuan yang beragam, diantaranya untuk menyuruh, bertanya, memberikan informasi, menegur bahkan menghibur. Humor, merupakan tuturan yang dikemas dengan adanya unsur hiburan di dalamnya. Humor yang cukup berkembang di kalangan masyarakat saat ini berupa monolog dan disampaikan penutur di depan khalayak ramai yang disebut Stand Up Comedy. Materi yang disampaikan penutur melalui Stand Up Comedy mengandung pesan, saran, kritik dan ungkapan pemikiran. Hal ini membuat pesan yang dikemas melalui Stand Up Comedy terkesan terang-terangan sehingga menjadi sorotan peneliti. Penelitian ini dilakukan untuk memaparkan presuposisi, bagaimana pelanggaran prinsip kerjasama dan bagaimana pelanggaran prinsip kesantunan serta fungsi dari humor yang disampaikan oleh penutur. Sumber data penelitian diperoleh dari media youtube. Metode analisis yang digunakan berupa metode padan dan agih. Berdasarkan analisis data, presuposisi yang sering muncul berupa presuposisi leksikal dan faktual. Berdasarkan analisis data, humor muncul tidak hanya karena pelanggaran prinsip kerjasama atau prinsip kesantunan, namun juga terjadi karena adanya prinsip kerjasama dan prinsip kesantunan yang muncul pada tuturan penutur. Pemahaman tentang struktur pembentukan humor menjadi sangat penting apalagi bagi para kontestan yang ingin berpartisipasi untuk ikut dalam ajang lomba bakat Stand Up Comedy. Tidak hanya itu pencipataan humor juga sangat penting dalam kehidupan berkaitan dengan keharmonisan yang tercipta pada komunikasi yang dijalin antara penutur dan mitra tutur. Penciptaan humor adalah suatu rangkaian kompleks dimana penutur dapat menyampaikan materi humornya yang bertujuan untuk menghibur mitra tutur dan ataupun pendegar. Penelitian ini dilakukan untuk memahami struktur komedi yang dibangun oleh seorang penutur dan mendeskripsikan cara yang dipakai oleh penutur dalam menciptakan humornya, khusunya dalam monolog standup comedy. Sumber data penelitian diperoleh dari media youtube yang khusus menghadirkan acara Stand Up Comedy pad Episode Ridwan Remin: Best Roasting.. Metode analisis yang digunakan berupa metode deskriptif. Berdasarkan analisis data, dalam upayanya menciptakan humor , penutur atau komika membangun praanggapan sebagai dasar pemahaman yang disepakati Bersama yang kemudian nanti akan dijadikan bahan humor dalam punchline. Humor yang diciptakan lahir dari adanya pelanggaran maksim kerjasama, pelanggaran maksim kesantunan. Tidak hanya itu penelitian ini juga menunjukkan bahwa humor terjadi sebagai bentuk dari pematuhan prinsip kerjasama dan prinsip kesantunan. Selain itu humor yang ditemukan dalam penelitian ini memiliki fungsi sebagai bentuk solidaritas, fungsi psikologi dan fungsi kekuatan.

Item Type:Thesis (Masters)
Subjects:P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P1-1091 Philology. Linguistics > P1-85 General
Divisions:School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Linguistic
ID Code:81060
Deposited By:mrs Perpustakaan FIB
Deposited On:23 Jul 2020 11:45
Last Modified:23 Jul 2020 11:45

Repository Staff Only: item control page