BEAUTY VLOG DAN MAKNA KECANTIKAN BAGI PEREMPUAN MUDA DI KOTA JAKARTA

RAHMADINNA, FARIZA (2019) BEAUTY VLOG DAN MAKNA KECANTIKAN BAGI PEREMPUAN MUDA DI KOTA JAKARTA. Undergraduate thesis, Fakultas Ilmu Budaya.

[img]
Preview
PDF
1259Kb

Abstract

Di era digital seperti saat ini, banyak orang yang tidak lagi merasa canggung untuk berbagi cerita, kegemaran, hobi maupun pengalaman pribadinya melalui internet. Seperti kemunculan dan kepopuleran beauty vlog menjadi era baru dalam dunia kecantikan yang tanpa disadari dapat membuat perempuan muda mulai terpengaruh dengan informasi dan mempercayai perkataan para beauty vlogger yang dianggap ahli di bidang kecantikan. Informasi yang didapatkan dari beauty vlog kemudian diikuti dan diterapakan di dalam perilaku cantik sehari-hari bahkan dibagikan kembali kepada orang lain. Tulisan ini akan menjelaskan bagaimana pola interaksi perempuan muda dengan beauty vlog dalam menafsirkan makna kecantikan dari simbol-simbol yang didapat melalui beauty vlog yang kemudian membentuk perilaku cantik sehari-hari. Penelitian ini menggunakan beberapa teknik metode etnografi, yaitu wawancara mendalam, observasi tidak langsung, dokumentasi dan studi pustaka. Berdasarkan hasil penelitian, Konsep kecantikan yang berupa ide dan simbol yang disampaikan oleh beauty vlogger tidak secara langsung diyakini oleh keempat perempuan muda, tetapi disesuaikan dengan selera (taste) yang dimiliki. Proses penyesuaian dengan selera (taste) tersebut akan menjembatani antara konsep mengenai cantik dan makna kecantikan yang menyebabkan adanya dorongan atau motivasi untuk melakukan suatu tindakan yang bertujuan untuk mempercantik diri. In the digital era like today, most people are no longer awkward to share their stories, hobbies, and personal experiences through the internet. The emergence and popularity of beauty vlog is becoming a new era in the world of beauty, which can unwittingly make young women start to be affected by the information and trusting the words of beauty vloggers who are considered to be experts in the field of beauty. Informations received from beauty vlogs are then followed and applied in daily routine of beautifying behavior and even shared to others. This article will explain how the patterns of interaction of young women with beauty vlogs in interpreting the meaning of beauty from the symbols obtained through beauty vlogs which then form the daily routine of beautifying behavior. This study uses several techniques of ethnographic method, namely, in-depth interviews, indirect observation, documentation, and literature. Based on the results of the study, the concept of beauty in the form of ideas and symbols conveyed by beauty vloggers is not immediately believed by the four young women, but it is adjusted to their taste first. The process of adjusting to these tastes will bridge the concept of beauty and the meaning of beauty which causes encouragement or motivation to take actions that aim to beautify oneself.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:G Geography. Anthropology. Recreation > GN Anthropology
Divisions:Faculty of Humanities > Department of Anthroplogy
ID Code:81043
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:23 Jul 2020 11:07
Last Modified:23 Jul 2020 11:07

Repository Staff Only: item control page