KOMUNITAS VESPA MODERN : KAJIAN TERHADAP PEMBENTUKAN IDENTITAS DAN GAYA HIDUP

ALFARISI, MUHAMMAD SHALEH (2019) KOMUNITAS VESPA MODERN : KAJIAN TERHADAP PEMBENTUKAN IDENTITAS DAN GAYA HIDUP. Undergraduate thesis, Fakultas Ilmu Budaya.

[img]
Preview
PDF
2547Kb

Abstract

Modern Vespa Semarang merupakan salah satu dari sekian banyak komunitas Vespa matik yang ada di Indonesia. Modern Vespa Semarang didirikan tahun 2012 hingga sekarang memiliki anggota 80 orang. Anggota komunitas Modern Vespa Semarang berasal dari berbagai kalangan yang cukup beragam. Anggota MoVe Semarang yang beragam, membuat komunitas tetap mempertahankan eksistensinya hingga sekarang dan memiliki sebuah identitas. Modern Vespa Semarang juga memiliki kebiasaan dan gaya hidup komunitas yang identik dengan komunitas mereka sendiri. Hal tersebut memunculkan pertanyaan bagaimana orang-orang dalam komunitas Modern Vespa semarang membentuk identitas sosial dan bagaimana gaya hidup itu terbentuk dalam komunitas Modern Vespa Semarang. Tujuan utama dari penelitian ini secara umum ialah untuk melihat dan menggambarkan bagaimana proses terbentuknya identias sosial dan gaya hidup komunitas Modern Vespa Semarang, selain itu juga apa relasi antara identitas sosial dan gaya hidup. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode etnografi. Teknik pengumpulan data diperoleh dari wawancara, observasi partisipan, dan studi pustaka. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teori interpretivisme simbolik dari Clifford Geerrtz dan teori budaya konsumen dari Mike Featherstone. Hal terkait untuk menentukan subjek penelitian digunakan metode snowball sampling yang kemudian menghasilkan 4 informan dari pengurus dan anggota komunitas Modern Vespa Semarang. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa proses terbentuknya identitas sosial dan gaya hidup dimulai dari adanya sistem kognisi yang terdiri dari awal mula dan tujuan berkomunitas, norma-norma, dan simbol Modern Vespa Semarang yang kemudian mereka melakukan tindakan berupa kegiatan-kegiatan komunitas dan fashion berkendara. Akhirnya, dari proses tersebut terbentuk sebuah gaya hidup komunitas Modern Vespa Semarang. Gaya hidup itu sendiri merefleksikan sebuah identitas sosial mereka hingga saat ini. Modern Vespa Semarang is one of the many automatic Vespa communities in Indonesia. Modern Vespa Semarang was founded in 2012 and currently has 80 members. Modern Vespa Semarang community members come from various circles. The members variousity of MoVe Semarang makes the community maintain its existence until now and has an identity. Modern Vespa Semarang also has community habits and lifestyles that are identical to it. This raises the question of how members in Modern Vespa community form social identity and how that lifestyle was formed in the Modern Vespa community of Semarang. The main objective of this study in general is to see and portray the process of the formation of social identities and lifestyles of the Modern Vespa community in Semarang. Moreover, what is the relationship between social identity and lifestyle. This research is a qualitative research with ethnographic methods. Data collection techniques are obtained from interviews, participant observation, and literature study. The theory used in this study is the symbolic theory of interpretivism from Clifford Geerrtz and consumer culture theory from Mike Featherstone. In determining the research subject, used the snowball sampling method which then produced 4 informants from the management and members of the Modern Vespa Semarang. The results of the study it can be concluded that the process of forming social identity and lifestyle starts from the existence of a cognition system consisting of the beginning and community goals, norms, and symbols of the Modern Vespa Semarang which then they take action in the form of community activities and driving fashion. Finally, from this process a lifestyle of the Modern Vespa Semarang community was formed. The lifestyle itself reflects a social identity of their own until now.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:G Geography. Anthropology. Recreation > GN Anthropology
Divisions:Faculty of Humanities > Department of Anthroplogy
ID Code:81040
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:23 Jul 2020 10:50
Last Modified:23 Jul 2020 10:50

Repository Staff Only: item control page