KOREAN WAVE (Studi Tentang Pengaruh Budaya Korea Pada Penggemar K-Pop di Semarang)

ADI, GALUH KINANTHI HERHAYYU (2019) KOREAN WAVE (Studi Tentang Pengaruh Budaya Korea Pada Penggemar K-Pop di Semarang). Undergraduate thesis, Fakultas Ilmu Budaya.

[img]
Preview
PDF
4Mb

Abstract

Globalisasi telah melahirkan budaya populer yang mengakibatkan terjadinya penyerapan budaya-budaya yang diperoleh dari kehadiran media global kemudian diterima secara tidak sadar oleh masyarakat dan diadopsi secara luas. Budaya populer Korean Wave atau Hallyu, sebutan yang menggambarkan fenomena gelombang Korea oleh pers Cina pada pertengahan tahun 1999 berkembang pesat dan luas keseluruh penjuru dunia. Tujuan penelitian ini adalah untuk memahami persebaran Korean Wave di dunia, di Indonesia hingga di Semarang, dan juga mengetahui pengaruh budaya Korea pada penggemar-penggemar K-Pop khususnya di Semarang. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu, teori difusi dan 3 gejala kebudayaan oleh J.J Honingmann. Menggunakan teori difusi dan 3 gejala kebudayaan sebagai panduan diharapkan dapat dipahami proses penyebaran budaya Korea di dunia hingga di Semarang dan tingkatan-tingakatan sejauh mana budaya Korea berpengaruh pada kehidupan informan. Penelitian ini dilakukan dengan metode observasi partisipan dan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah dengan menggunakan observasi (pengamatan), wawancara mendalam, dokumentasi, studi literature, dan pendekatan fenomenologi. Informan berjumlah empat orang dengan kriteria penggemar Korean Wave atau K-Pop. Berdasarkan penelitian yang sudah dilakukan dapat disimpulkan bahwa proses persebaran Korean Wave terjadi tanpa adanya kontak fisik akibat kemajuan teknologi dan Korean Wave memiliki keunikan tersendiri sehingga menarik perhatian masyarakat. Pengaruh budaya Korea pada informan dapat dilihat dari lapisan-lapisan tahap yang terjadi dilihat dari tiga wujud kebudayaaan yaitu, artifacts, activities, dan ideas dimana dalam tahap ide Korean Wave berusaha untuk memberikan kesan atau image positif agar produk-produknya dapat menarik perhatian masyarakat. Globalization has yielded a popular culture which absorbs cultures from the presence of media global, unconsciously accepted by society and has been adopted extensively. Popular culture Korean Wave or Hallyu, a term which was used by Chinese press in mid 1999 to describe the phenomenon of Korean Wave, has developed rapidly and known worldwide. The aims of this study are to understand the outspread of Korean Wave in the world, in Indonesia to Semarang, and to find out the influences of Korean Culture towards K-Pop fans especially in Semarang area. The theory of this study is the theory of Diffusion and 3 symptoms of cultures by J.J Honingmann. With the help of theory of Diffusion and J.J Honingmann’s 3 symptoms of cultures, it is expected that this study can gain insight about the outspread of Korean Culture in the world as well as in Semarang and potray how much Korean culture has influenced the informants' lives. This study was conducted by using participant observation method and qualitative approach. The data collection techniques are observation, in-depth interview, documentation, literature study, and phenomenology approach. There are four informants obtained by the criteria of people who are fans of Korean Wave and K-Pop. Based on this study it can be concluded that the spread of Korean Wave occurred without the needs of physical contact and Korean Wave has its own uniqueness to attract the society. The impacts of Korean culture on the informants can be seen by the theory of 3 symptoms of culture, artifacts, activities, and ideas whereas in ideas Korean Wave wishes to be known for its positive image to gain people’s interest.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:G Geography. Anthropology. Recreation > GN Anthropology
Divisions:Faculty of Humanities > Department of Anthroplogy
ID Code:81034
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:23 Jul 2020 10:32
Last Modified:23 Jul 2020 10:32

Repository Staff Only: item control page