PENGAMBILAN KEPUTUSAN NASABAH SKALA KECIL DAN MENENGAH DALAM MEMILIH BANK SYARIAH (Studi Kasus Lima Nasabah Bank BNI Syariah)

Wulandari, Nunung Nurita (2019) PENGAMBILAN KEPUTUSAN NASABAH SKALA KECIL DAN MENENGAH DALAM MEMILIH BANK SYARIAH (Studi Kasus Lima Nasabah Bank BNI Syariah). Undergraduate thesis, Fakultas Ilmu Budaya.

[img]
Preview
PDF
1327Kb

Abstract

Penelitian ini membahas tentang pengambilan keputusan nasabah dalam memilih bank syariah dengan melakukan studi kasus pada lima nasabah Bank BNI Syariah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui proses pengambilan keputusan dan faktor yang mempengaruhi keputusan nasabah dalam memilih bank syariah. Metode kualitatif digunakan dalam penelitian ini dengan metode wawancara mendalam untuk mendapatkan informasi tentang segala sesuatu yang berkaitan dengan proses pengambilan keputusan nasabah untuk menggunakan bank syariah. Penulisan dari penelitian ini akan diuraikan dengan metode deskriptif analitis. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa keputusan untuk menggunakan bank syariah oleh para nasabah bukan keputusan yang mudah karena membutuhkan pertimbangan. Proses pengambilan keputusan tersebut akan diuraikan dalam empat tahap, yaitu perkenalan, ketertarikan, pengambilan keputusan, dan pasca pengambilan keputusan. Terdapat faktor moral dan faktor rasional di dalam diri nasabah yang mempengaruhi keputusan mereka terhadap penggunaan bank syariah. Berdasarkan penelitian faktor moral maupun rasional ini secara bersama-sama mempengaruhi nasabah untuk memutuskan menggunakan bank syariah. Pengaruh moral dalam pengambilan keputusan menjadi pertimbangan ketika nasabah dihadapkan pada persoalan riba yang masih menjadi perdebatan di kalangan masyarakat Muslim, selain itu faktor berhijrahnya seseorang dapat mempengaruhi keputusan nasabah dalam memilih bank syariah, sedangkan pengaruh rasional pada nasabah menjadi pertimbangan ketika dihadapkan pada persoalan untung rugi menggunakan jasa perbankan, seperti persoalan kebutuhan, biaya, dan fasilitas yang diberikan oleh bank syariah. This research discusses customer decision making in choosing an Islamic bank by conducting case studies on five customers of BNI Syariah Bank. The purpose of this study was to determine the decision making process and the factors that influence customer decisions in choosing an Islamic bank. The qualitative method is used in this study with an in-depth interview method to get information about everything related to the decision making process of customers to use Islamic banks. The writing of this research will be described by descriptive analytical methods. The results of this study indicate that the decision to use Islamic banks by customers is not an easy decision because it requires consideration. The decision making process will be described in four stages, namely introduction, interest, decision making, and post decision making. There are moral and rational factors in customers that influence their decisions on the use of Islamic banks. Based on this study of moral and rational factors jointly influence customers to decide to use Islamic banks. Moral influence in decision making becomes a consideration when customers are faced with usury issues which are still being debated among Muslim communities, besides the factor of someone's hijrah can influence the customer's decision in choosing an Islamic bank, while the rational influence on the customer is taken into consideration when faced with the problem of profit and loss using Banking services, such as issues of needs, costs, and facilities provided by Islamic banks.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:G Geography. Anthropology. Recreation > GN Anthropology
Divisions:Faculty of Humanities > Department of Anthroplogy
ID Code:81028
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:23 Jul 2020 10:15
Last Modified:23 Jul 2020 10:15

Repository Staff Only: item control page