MEMPERTEMUKAN KESAMAAN DI DALAM PERBEDAAN (Studi atas Peran Aktif Pemuda di Komunitas Persaudaraan Lintas Agama Semarang)

HASANAH, IDA USWATUN (2019) MEMPERTEMUKAN KESAMAAN DI DALAM PERBEDAAN (Studi atas Peran Aktif Pemuda di Komunitas Persaudaraan Lintas Agama Semarang). Undergraduate thesis, Fakultas Ilmu Budaya.

[img]
Preview
PDF
1547Kb

Abstract

Keragaman agama dan kepercayaan di Indonesia ibarat dua sisi mata uang, dalam satu sisi, dapat menjadi pemersatu bangsa tetapi di sisi lain dapat menjadi sumber konflik di masyarakat. Kehadiran PELITA merupakan salah satu bentuk kepedulian masyarakat untuk menjaga kebhinekaan dan keragaman agama agar dapat hidup rukun dan damai satu sama lain. Fokus studi ini adalah bagaimana pandangan tiap anggota PELITA terhadap kepercayaan dan agama yang berbeda namun tetap dapat bersatu untuk melakukan kegiatan positif secara bersama, serta langkah apa saja yang dilakukan PELITA untuk menjaga kebhinekaan dan pluralitas agama yang harmonis. Kemudian peneliti juga ingin mengetahui bagaimana makna keikutsertaan anak muda dalam kegiatan yang ada di PELITA serta pengimplementasian nilai-nilai toleransi pada aktivitas komunitas tersebut. Berdasarkan pada studi lapangan, menunjukan bahwa PELITA beranggotakan pemuda-pemudi dengan berlatarbelakang agama dan kepercayaan yang berbeda-beda dapat melakukan kegiatan positif bersama untuk masyarakat. Interaksi anggota yang terlibat dalam kegiatan, menjadi terbiasa untuk saling memahami alasan dan hikmah di balik perbedaan. Kegiatan yang dilakukan PELITA dapat dibagi menjadi tiga jenis, yaitu: sosialisasi, kampanye, dan diskusi. Pesan moral yang dapat diambil dari penelitian ini yakni terkadang ketidaktahuan terhadap sesuatu membuat kita takut untuk mengenal serta membenci sesuatu yang berbeda dengan kita.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:G Geography. Anthropology. Recreation > GN Anthropology
Divisions:Faculty of Humanities > Department of Anthroplogy
ID Code:81024
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:23 Jul 2020 09:37
Last Modified:23 Jul 2020 09:37

Repository Staff Only: item control page