HUBUNGAN POLA ASUH ORANGTUA DENGAN KEMANDIRIAN ANAK DAN TINGKAT KEPARAHAN KARIES GIGI PADA ANAK USIA SEKOLAH DASAR (Studi pada siswa sekolah dasar di wilayah kerja Puskesmas Srondol Kecamatan Banyumanik Kota Semarang)

HAMIDA, CHERINITA (2020) HUBUNGAN POLA ASUH ORANGTUA DENGAN KEMANDIRIAN ANAK DAN TINGKAT KEPARAHAN KARIES GIGI PADA ANAK USIA SEKOLAH DASAR (Studi pada siswa sekolah dasar di wilayah kerja Puskesmas Srondol Kecamatan Banyumanik Kota Semarang). Undergraduate thesis, DIPONEGORO UNIVERSITY.

[img]
Preview
PDF - Published Version
13Kb

Abstract

Pola asuh orang tua merupakan rangkaian interaksi dengan anak. Pola asuh yang tepat mejadi faktor yang menentukan kemandirian anak.Kemandirian anak yang baik meningkatkan kemampuan menyelesaikan masalah termasuk masalah kesehatan.Karies gigi merupakan penyakit jaringan mulut yang banyak diderita anak. Karies gigi dapatmengakibatkan malnutrisi dan mengganggu pertumbuhan anak.Penelitian bertujuan mengetahui hubungan pola asuh yang diterapkan orang tua dengan kemandirian anak dan tingkat keparahan karies gigi anak.Penelitian melibatkan 120 pasang responden ibu dan anak usia sekolah dasar di wilayah kerja puskesmas srondol dipilih berdasarkan Multi stage sampling. Rancangan penelitian cross sectional dan data dikumpulkan dengan wawancara meliputi tipe pola asuh orang tua, tingkat kemandirian anaks dan tingkat keparahan karies berdasarkan hasil sondasi kedalaman invensi karies.Analisis data menggunakan uji korelasi Rank Spearman dan uji kuat hubungan Risk Estimate (OR). Hasil penelitian: tingkat kemandirian sangat mandiri 43.3%. Pada responden orang tua paling banyak menerapkan pola asuh demokratif yaitu 42.5%).Tingkat keparahan karies media paling banyak diderita oleh responden anak (46,7%). Ada hubungan antar pola asuh orang tua terhadap tingkat kemandirian anak (p=0,000 dan rho=0,407) dan semakin baik kategori pola asuh semakin baik pula tingkat kemandirian anak. Ada hubungan orang tua terhadap tingkat keparahan karies gigi anak (p=0,000 dan rho=-0,376) Semakin baik kategori pola asuh maka semakin turun tingkat keparahan karies gigi anak. Ada hubungan kemandirian anak terhadap tingkat keparahan karies (p=0,000 dan rho=-0,668).Maka dari penelitian disimpulkan bahwa ada hubungan Pola asuh orang tua dengan kemandirian anak dan tingkat keparahan karies gigi anak. Kata Kunci: Pola Asuh, kemandirian anak, Karies gigi anak

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions:Faculty of Public Health > Department of Public Health
ID Code:80973
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:16 Jul 2020 11:19
Last Modified:16 Jul 2020 11:19

Repository Staff Only: item control page