ANALISIS EFISIENSI PENGGUNAAN FAKTOR-FAKTOR PRODUKSI USAHATANI PADI TERCEMAR DAN TIDAK TERCEMAR LIMBAH RUMAH POTONG HEWAN DI KELURAHAN PENGGARON KIDUL KOTA SEMARANG

Lubis, Ashilah Zahra (2020) ANALISIS EFISIENSI PENGGUNAAN FAKTOR-FAKTOR PRODUKSI USAHATANI PADI TERCEMAR DAN TIDAK TERCEMAR LIMBAH RUMAH POTONG HEWAN DI KELURAHAN PENGGARON KIDUL KOTA SEMARANG. Undergraduate thesis, Program Studi S1 Agribisnis Departemen Pertanian.

[img]
Preview
PDF
168Kb
[img]
Preview
PDF
20Kb
[img]
Preview
PDF
123Kb
[img]
Preview
PDF
134Kb
[img]
Preview
PDF
282Kb
[img]
Preview
PDF
9Kb
[img]
Preview
PDF
93Kb
[img]
Preview
PDF
1340Kb

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh faktor-faktor produksi terhadap jumlah produksi padi, menganalisis tingkat penggunaan faktor-faktor produksi serta menganalisis perbedaan efisiensi ekonomi penggunaan faktor-faktor produksi pada lahan sawah yang tercemar dan tidak tercemar limbah Rumah Potong Hewan (RPH) di Kelurahan Penggaron Kidul. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan November – Desember 2019 di Kelompok Tani Dharma Tani Kelurahan Penggaron Kidul Kecamatan Pedurungan Kota Semarang. Penentuan lokasi dilakukan secara sengaja (purposive). Metode penelitian ini menggunakan metode survei. Metode pengambilan sampel menggunakan metode proportionate stratified random sampling dengan dua populasi berbeda yang sebanyak 80 orang. Teknik pengumpulan data berasal dari hasil wawancara menggunakan alat bantu kuesioner dengan anggota Kelompok Tani Dharma Tani berjumlah 66 responden yang dibagi menjadi 33 responden pemilik lahan sawah tercemar limbah dan 33 responden pemilik lahan sawah tidak tercemar limbah. Metode analisis data yang digunakan adalah metode analisis regresi linier dengan fungsi produksi model Cobb-Douglas, analisis Independent Sample T-test serta analisis efisiensi teknis dan efisiensi ekonomi yang diuji menggunakan analisis uji beda (One Sample T-test). Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan faktor produksi luas lahan, tenaga kerja dan variabel dummy lokasi berpengaruh nyata terhadap jumlah produksi padi sedangkan faktor produksi benih, pupuk dan pestisida tidak berpengaruh nyata terhadap jumlah produksi padi. Faktor produksi pupuk dan tenaga kerja pada lahan sawah tercemar limbah tidak berbeda dengan lahan sawah tidak tercemar limbah sedangkan faktor produksi benih dan pestisida lahan sawah tercemar limbah terdapat perbedaan dengan lahan sawah tidak tercemar limbah. Penggunaan faktor produksi luas lahan, benih, pupuk, pestisida dan tenaga kerja tidak efisien secara teknis maupun ekonomi. Efisiensi ekonomi penggunaan faktor produksi pada lahan sawah tidak tercemar limbah berbeda dengan lahan sawah tercemar limbah. Kata Kunci : efisiensi, faktor-faktor produksi, produksi padi.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions:Faculty of Animal and Agricultural Sciences > Department of Agribusiness
ID Code:80948
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:08 Dec 2020 11:32
Last Modified:08 Dec 2020 11:32

Repository Staff Only: item control page