Hubungan antara karakteristik demografi (usia, jenis kelamin, dan suku bangsa) dengan diagnosis keperawatan NANDA-I: nyeri di ruang rawat inap RSUP Semarang

Prasetyaningsih, Prasetyaningsih and Rofii, Muhamad (2020) Hubungan antara karakteristik demografi (usia, jenis kelamin, dan suku bangsa) dengan diagnosis keperawatan NANDA-I: nyeri di ruang rawat inap RSUP Semarang. Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]PDF
Restricted to Registered users only

3148Kb

Abstract

Data WHO 2019 menyebutkan setiap tahun 9 dari 10 orang meninggal akibat penyakit tidak menular dan penyakit kronis. Pada kasus ini, angka kesakitan dan kematian pada laki-laki lebih tinggi daripada wanita, sebagian besar keluhannya adalah nyeri. Nyeri dalam pengklasifikasian NANDA-I merupakan salah satu dari diagnosis keperawatan aktual. Usia, jenis kelamin, dan suku bangsa merupakan karakteristik demografi dalam rekam medis pasien. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara karakteristik demografi (usia, jenis kelamin, dan suku bangsa) dengan diagnosis keperawatan NANDA-I: nyeri. Metode penelitian ini menggunakan rancangan survei retrospektif, dengan pendekatan korelasional, dan menggunakan teknik proportionate random sampling pada 213 ERM/ Elektronik Rekam Medis pasien yang rawat inap di rumah sakit. Pengumpulan data dilakukan dengan lembar ceklist. Sedangkan teknik analisa data menggunakan analisa univariat dan bivariat (Chi Square) dengan menggunakan program SPSS. Hasil penelitian ini yang paling banyak mengalami nyeri adalah lansia (sebanyak 62,5%), berjenis kelamin wanita (sebanyak 57,7%) dan merupakan suku bangsa Jawa (sebanyak 76,5%). Hasil penelitian dengan uji Chi Square (dengan α =0.05) menunjukkan bahwa ada hubungan antara usia dengan diagnosis keperawatan NANDA-I: nyeri yaitu dengan nilai p= 0.000 atau p value < 0.05. Sedangkan untuk karakteristik demografi jenis kelamin (p=0.436) dan suku bangsa (p=0.336) nilai p value > 0.05 sehingga tidak ada hubungan dengan diagnosis keperawatan NANDA-I: nyeri. Hasil penelitian ini dapat dijadikan dasar bagi perawat dan RS untuk menentukan managemen nyeri yang aman dan tepat bagi pasien, sehingga angka kesakitan dan kematian dapat berkurang.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RT Nursing
Divisions:Faculty of Medicine > Department of Nursing
Faculty of Medicine > Department of Nursing
ID Code:80858
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:17 Jun 2020 11:35
Last Modified:17 Jun 2020 11:35

Repository Staff Only: item control page