SATIRE TERHADAP PRAKTIK-PRAKTIK AGAMA DAN KEMANUSIAAN DALAM KUMPULAN PUISI BUKU LATIHAN TIDUR KARYA JOKO PINURBO (SEBUAH KAJIAN STILISTIKA)

Nurul, Sabrina Amalia (2020) SATIRE TERHADAP PRAKTIK-PRAKTIK AGAMA DAN KEMANUSIAAN DALAM KUMPULAN PUISI BUKU LATIHAN TIDUR KARYA JOKO PINURBO (SEBUAH KAJIAN STILISTIKA). Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img]Microsoft Word
53Kb

Abstract

Penelitian ini menggunakan objek formal berupa analisis satire politik dan kemanusiaan dalam tiga puisi yang terdapat dalam kumpulan puisi Buku Latihan Tidur karya Joko Pinurbo dengan perspektif stilistika. Objek material berupa tiga puisi dalam kumpulan puisi tersebut yang berjudul “Kolom Agma”, “Pemeluk Agama”, dan Jalan Tuhan”. Metode yang digunakan adalah metode kepustakaan dengan teknik pengumpulan data, analisis data, dan penyajian data. Teori dalam penulisan ini menggunakan teori struktural Roman Ingarden dan teori stilistika. Hasil analisis struktural puisi “Kolom Agama”, “Pemeluk Agama”, dan “Jalan Tuhan” karya Joko Pinurbo memberikan pengetahuan tentang ketimpangan yang terjadi antara politik dan kemanusiaan yang disangkut pautkan dengan agama dalam puisi tersebut. Puisi “Kolom Agama”, “Pemeluk Agama”, dan “Jalan Tuhan” menghasilkan bunyi yang sama, yaitu bunyi kakafoni di mana memiliki arti kesedihan. Hasil analisis satire puisi “Kolom Agama”, “Pemeluk Agama”, dan “Jalan Tuhan” karya Joko Pinurbo memberikan sindiran halus dalam absurditas manusia mengenai politik, kemanusiaan, dan agama. Kegelisahan yang diserap dari lalu lintas komunikasi di media, terutama media digital yang memberikan dampak sangat menyedihkan, menimbulkan sebuah ironis tersendiri. Satire dipilih sebagai objek utama agar puisi Joko Pinurbo dapat memberikan pandangan lain tentang politik dan kemanusiaan yang dihubungan dengan agama. Pandangan tersebut dikemas sederhana, tetapi penuh makna. Hal demikian yang membuat Joko Pinurbo menulis puisi dan pembaca ikut larut kedalam pandanagn berbeda yang coba direnungkan. Kata Kunci : Puisi, politik, kemanusiaan, agama, struktural, stilistika, satir

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P1-1091 Philology. Linguistics > P1-85 General
Divisions:Faculty of Humanities > Department of Indonesian
ID Code:80569
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:17 Apr 2020 09:01
Last Modified:17 Apr 2020 09:01

Repository Staff Only: item control page