PERBANDINGAN WAKTU PENGAPIAN (IGNITION TIMING) TERHADAP KONSUMSI BAHAN BAKAR PADA MOBIL PENUMPANG SISTEM INJEKSI 1500 – 2000 CC

SINAGA , Nazaruddin (2014) PERBANDINGAN WAKTU PENGAPIAN (IGNITION TIMING) TERHADAP KONSUMSI BAHAN BAKAR PADA MOBIL PENUMPANG SISTEM INJEKSI 1500 – 2000 CC. Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

178Kb

Official URL: https://www.researchgate.net/publication/339843163...

Abstract

Peran bahan bakar minyak pada sektor transportasi jalan di Indonesia dari tahun ke tahun semakin meningkat. Berbagai masalah telah muncul sebagai akibat dari peningkatan konsumsi bahan bakar ini, diantaranya menyangkut kemampuan penyediaan dan distribusi, serta harganya. Permasalahan harga bahan bakar ini muncul karena harga bahan bakar premium dan solar untuk otomotif di Indonesia adalah bukan harga ke-ekonomiannya, melainkan harga yang disubsidi. Tentu saja makin besar volume konsumsi bahan bakar maka makin meningkat pula nilai subsidi yang harus dibayarkan oleh negara, yaitu meningkat lebih dari 20 triliun rupiah setiap tahun. Oleh karena itu diperlukan berbagai upaya untuk mengatasinya. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk menurunkan biaya transportasi, dan sekaligus subsidi bahan bakar, adalah dengan meningkatkan efisiensi mesin kendaraan. Salah satu faktor yang mempengaruhi efisiensi atau tingkat konsumsi bahan bakar adalah pengaturan waktu pengapian (ignition timing). Pengaturan waktu pengapian biasanya dilakukan oleh pabrik kendaraan berdasarkan banyak pertimbangan. Sebenarnya waktu pengapian ini dapat diatur kembali sesuai dengan kondisi kendaraan, lingkungan operasi serta tujuan lainnya. Permasalahan pada kendaraan bermesin injeksi adalah bahwa sangat sulit untuk menetapkan waktu pengapian jika dikaitkan dengan tujuan yang ingin dicapai, misalnya untuk menurunkan konsumsi bahan bakar. Selain melibatkan proses optimasi multivariable, penyetelan waktu pengapian juga memerlukan perangkat keras dan lunak yang harus dapat berkomunikasi dengan sistem komputer kendaraan (ECU). Sebagai studi awal untuk dapat melakukan pengaturan atau penyesuaian berdasarkan kriteria optimasi yang ditetapkan, maka perlu dikaji kondisi penyetelan waktu pengapian yang telah ditetapkan oleh pabrik kendaraan. Di dalam penelitian ini akan dipelajari stratetegi pengaturan waktu pengapian yang diterapkan pada mesin 5 buah mobil penumpang berkapasitas 1500 - 2000 CC yang banyak digunakan di Indonesia. Secara khusus akan dikaji pengaruh waktu pengapian terhadap konsumsi bahan bakar, dimana melibatkan kecepatan putar mesin, beban mesin, waktu pengapian serta laju aliran bahan bakar, dengan melakukan pengukuran di laboratorium. Pengukuran dilakukan di atas chassis-dynamometer dengan menggunakan engine scanner. Hasil dari penelitian ini diharapkan memberi informasi yang lebih jelas tentang jenis parameter yang digunakan sebagai input dalam penentuan kurva waktu pengapian, perangkat keras dan lunak yang diperlukan, serta metoda optimasi waktu pengapian yang dapat diterapkan dalam penelitian lanjut optimasi waktu pengapian.

Item Type:Other
Subjects:T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions:Faculty of Engineering > Department of Mechanical Engineering
Faculty of Engineering > Department of Mechanical Engineering
ID Code:80422
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:23 Mar 2020 20:47
Last Modified:23 Mar 2020 21:01

Repository Staff Only: item control page