HUBUNGAN ANTARA KETERLIBATAN KERJA DENGAN CYBERLOAFING PADA PEGAWAI NEGERI SIPIL SEKRETARIAT DAERAH KABUPATEN TEMANGGUNG

Syifani, Nadya and Prasetyo, Anggun Resdasari (2020) HUBUNGAN ANTARA KETERLIBATAN KERJA DENGAN CYBERLOAFING PADA PEGAWAI NEGERI SIPIL SEKRETARIAT DAERAH KABUPATEN TEMANGGUNG. Undergraduate thesis, Undip.

[img]
Preview
PDF
318Kb

Abstract

Cyberloafing merupakan kegiatan karyawan yang tidak berhubungan dengan pekerjaan dengan cara menggunakan fasilitas internet dari perusahaan pada saat jam kerja. Keterlibatan kerja diartikan sebagai sejauh mana individu mengidentifikasikan diri dengan pekerjaan, berpartisipasi aktif dalam kerjanya, dan menganggap kinerja sebagai sebuah harga diri. Penelitian ini bertujuan mengetahui hubungan antara keterlibatan kerja dengan cyberloafing pada pegawai negeri sipil Sekretariat Daerah Kabupaten Temanggung. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 120 orang dengan sampel penelitian berjumlah 89 orang. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik simple random sampling. Alat ukur yang digunakan adalah Skala Keterlibatan Kerja (26 aitem valid dengan α=0,938) dan Skala Cyberloafing (26 aitem valid dengan α=0,892). Berdasarkan analisis regresi sederhana didapatkan hasil bahwa terdapat hubungan negatif yang signifikan antara keterlibatan kerja dengan cyberloafing pada pegawai negeri sipil Sekretariat Daerah Kabupaten Temanggung (rxy= -0,297 dengan p=0,002), sehingga dapat diartikan semakin tinggi keterlibatan kerja, maka semakin rendah cyberloafing. Sebaliknya, semakin rendah keterlibatan kerja, semakin tinggi cyberloafing. Keterlibatan kerja memberikan sumbangan efektif sebesar 8,8% terhadap cyberloafing.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions:Faculty of Psychology > Department of Psychology
ID Code:80388
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:28 Mar 2020 13:14
Last Modified:28 Mar 2020 13:14

Repository Staff Only: item control page