PENGARUH PENDIDIKAN BOOKLET TERHADAP PENGETAHUAN DAN SIKAP KESEHATAN REPRODUKSI CALON PENGANTIN TERKAIT PENCEGAHAN RISIKO KEHAMILAN DI KABUPATEN PEMALANG

Irawati, Heni and Kartini, Apoina and Nugraheni, Sri Achadi (2019) PENGARUH PENDIDIKAN BOOKLET TERHADAP PENGETAHUAN DAN SIKAP KESEHATAN REPRODUKSI CALON PENGANTIN TERKAIT PENCEGAHAN RISIKO KEHAMILAN DI KABUPATEN PEMALANG. Masters thesis, UNIVERSITAS DIPONEGORO.

[img]
Preview
PDF
1248Kb

Abstract

Universitas Diponegoro Fakultas Kesehatan Masyarakat Program Magister Ilmu Kesehatan Masyarakat Konsentrasi Kesehatan Ibu dan Anak 2018 ABSTRAK Heni Irawati Pengaruh Booklet terhadap Pengetahuan dan Sikap Kesehatan Reproduksi Calon Pengantin Terkait Pencegahan Risiko Kehamilan (Studi pada Calon Pengantin yang Mendapatkan Kursus Catin di KUA Kabupaten Pemalang) xvi + 91 halaman + 23 tabel + 7 gambar + 8 lampiran Salah satu penyebab Angka Kematian Ibu yang tinggi adalah masih rendahnya pengetahuan kesehatan reproduksi wanita, terutama tentang pencegahan risiko kehamilan. Hal ini dapat diatasi dengan cara meningkatkan pengetahuan calon pengantin salah satunya dengan memberikan pendidikan kesehatan dengan media booklet. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh booklet terhadap pengetahuan dan sikap kesehatan reproduksi calon pengantin terkait pencegahan risiko kehamilan. Jenis penelitian adalah kuasi eksperimen dengan rancangan non- equivalent control group design. Populasi penelitian adalah calon pengantin wanita yang mengikuti kursus catin di KUA Kabupaten Pemalang. Sampel sebanyak 50 orang untuk kelompok intervensi dan 50 orang untuk kelompok kontrol. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner dan booklet. Analisis data dilakukan dengan membandingkan kelompok perlakuan dan kelompok kontrol sesudah intervensi. Uji statistik menggunakan uji Mann Whitney. Hasil penelitian menunjukkan ada perbedaan pengetahuan kesehatan reproduksi sesudah intervensi antara kelompok perlakuan dengan kelompok kontrol (p=0,000<0,05) dan ada perbedaan sikap kesehatan reproduksi sesudah intervensi antara kelompok perlakuan dengan kelompok kontrol (p=0,008<0,05). Rerata pengetahuan catin meningkat 4,28 poin dan rerata sikap meningkat 1,84 poin sesudah intervensi. Dapat disimpulkan bahwa booklet dapat dipergunakan untuk meningkatkan pengetahuan dan sikap kesehatan reproduksi calon pengantin dalam pencegahan risiko kehamilan, terutama dalam hal anemia penyebab perdarahan, ciri KEK, dan tanda bahaya nifas. Disarankan agar booklet dapat dikembangkan dan digunakan sebagai media pendidikan kesehatan reproduksi dalam kursus calon pengantin di KUA. Kata kunci Pustaka : Kesehatan reproduksi, pengetahuan, sikap, booklet, calon pengantin : 62 (1994-2017)

Item Type:Thesis (Masters)
Subjects:Q Science > Q Science (General)
Divisions:School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Public Health
ID Code:80372
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:16 Mar 2020 13:29
Last Modified:16 Mar 2020 13:29

Repository Staff Only: item control page