ANALISIS PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN DEMOKRATIS KEPALA RUANG RAWAT INAP TERHADAP KEPUASAN KERJA PERAWAT DI RUMAH SAKIT UMUM ARO PEKALONGAN

Rahardjo, Broto and Suryawati, Chriswardani and Agushybana, Farid (2019) ANALISIS PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN DEMOKRATIS KEPALA RUANG RAWAT INAP TERHADAP KEPUASAN KERJA PERAWAT DI RUMAH SAKIT UMUM ARO PEKALONGAN. Masters thesis, UNIVERSITAS DIPONEGORO.

[img]
Preview
PDF
772Kb

Abstract

Universitas Diponegoro Fakultas Kesehatan Masyarakat Program Magister Ilmu Kesehatan Masyarakat Konsentrasi Administrasi Rumah Sakit 2018 ABSTRAK Broto Rahardjo Analisis Hubungan Aspek Gaya Kepemimpinan Demokratis Kepala Ruang Rawat Inap terhadap Kepuasan Kerja Perawat di Rumah Sakit Umum Aro Kota Pekalongan xiv + 69 halaman + 25 tabel + 2 gambar + 7 lampiran Gaya kepemimpinan pimpinan yang kurang sesuai dapat menurunkan motivasi, kinerja dan kepuasan kerja karyawan. 4 dari 10 perawat di ruang rawat inap RS Umum Aro Pekalongan merasa tidak puas dengan kepemimpinan kepala ruang rawat inap. Oleh karena itu dilakukan penelitian untuk menganalisis hubungan gaya kepemimpinan demokratis kepala ruang rawat inap terhadap kepuasan kerja perawat di RS Umum Aro Pekalongan. Desain penelitian ini cross sectional dengan pendekatan kuantitatif observasional. Subjek penelitian adalah 32 orang perawat di ruang rawat inap RS Umum Aro yang dipilih dengan metode total sampling. Data dikumpulkan dengan kuesioner. Pengolahan dan analisis data menggunakan analisis chi square. Hasil penelitian menunjukkan Variabel gaya kepemimpinan demokratis yang berhubungan dengan kepuasan kerja perawat di RSU Aro Pekalongan adalah variabel pendelegasian tanggung jawab (p=0,005) dan variabel pengambilan keputusan kepala ruang (p=0,034), sedangkan variabel lain yang tidak berhubungan dengan kepuasan kerja perawat adalah variabel keaktifan kepala ruang (p=0,077) dan variabel empati (p=0,075). Disarankan bagi pihak manajemen untuk monitoring dan evaluasi berkala, pemilihan kepala ruang didasarkan pada lama kerja, kompetensi dan pengalaman saran bagi kepala ruang untuk meningkatkan komunikasi efektif dan mengadakan pertemuan rutin dengan perawat di ruang rawat inap RS Umum Aro Pekalongan. Kata Kunci : Kepemimpinan Demokratis, Perawat, Kepala Ruang. Pustaka : 34 (1994-2016)

Item Type:Thesis (Masters)
Subjects:Q Science > Q Science (General)
Divisions:School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Public Health
ID Code:80370
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:16 Mar 2020 11:54
Last Modified:16 Mar 2020 11:54

Repository Staff Only: item control page