PERBEDAAN PERKEMBANGAN ANTARA ANAK YANG STUNTING DAN N0N-STUNTING (STUDI KASUS DI TK WILAYAH PUCANG GADING, JAWA TENGAH, INDONESIA)

KHASANAH, USWATUN (2019) PERBEDAAN PERKEMBANGAN ANTARA ANAK YANG STUNTING DAN N0N-STUNTING (STUDI KASUS DI TK WILAYAH PUCANG GADING, JAWA TENGAH, INDONESIA). Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF - Published Version
46Kb

Abstract

Anak yang mengalami stunting dapat menyebabkan terhambatnya perkembangan sistem motorik karena tumbuh dan kembang 80% otak terjadi pada masa 1000 hari pertama kehidupan. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui perbedaan perkembangan pada anak yang stunting dan non-stunting.Jenis penelitian adalah komparatif dengan pendekatan cross sectional. Lokasi penelitian di TK Wilayah Pucang Gading, Jawa Tengah, Indonesia. Populasi penelitian adalah anak TK berjumlah 193 anak. Sampel penelitian terdiri dari dua kelompok yaitu anak stunting (39 anak) dan non-stunting (39 anak) yang didapatkan dengan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan adalah Kuesioner Pra Skrining Perkembangan (KPSP) dan microtoise. Analisis data menggunakan uji statistik Chi Square. Hasil penelitian menemukan kejadian stunting di TK Wilayah Pucang Gading sebanyak 37,3% dan non-stunting sebanyak 62,7%. Skor perkembangan pada anak yang stunting lebih rendah dibandingkan pada anak non-stunting (8,77 berbanding 8,03 dari skor maksimal 10) walaupun keduanya masih termasuk kategori perkembangan normal. Anak yang mengalami perkembangan gagal lebih rendah terjadi pada anak non-stunting dibandingkan dengan anak stunting (35,9% berbanding 12,8%) oleh karena itu terdapat perbedaan perkembangan yang signifikan diantara kedua kelompok tersebut (p=0,018). Hasil uji Chi Square menunjukkan tidak ada hubungan pola asuh (p=0,818), TKE (p=0,431), TKP (p=0,217), dan TKKal (p=0,700) dengan perkembangan anak. Berdasarkan hasil tersebut diharapkan orang tua anak yang stunting harus lebih meningkatkan stimulasi untuk menunjang perkembangan anak Kata Kunci: Perkembangan, Stunting, Pola Asuh, Asupan Gizi,Pra Sekolah

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions:Faculty of Public Health > Department of Public Health
ID Code:80181
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:25 Feb 2020 14:36
Last Modified:25 Feb 2020 14:36

Repository Staff Only: item control page