FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN DUKUNGAN SUAMI UNTUK ISTRI DALAM KUNJUNGAN ANTENATAL CARE (Studi di Wilayah Kerja Puskesmas Purwodadi II Kabupaten Grobogan)

ADILA, HANI LUTFIARI (2019) FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN DUKUNGAN SUAMI UNTUK ISTRI DALAM KUNJUNGAN ANTENATAL CARE (Studi di Wilayah Kerja Puskesmas Purwodadi II Kabupaten Grobogan). Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF - Published Version
42Kb

Abstract

Antenatal care(ANC) yang dilakukan secara teratur merupakan upaya untuk mencegah kematian ibu. Penelitian sebelumnya secara konsisten menunjukkan bahwa salah satu faktor yang berhubungan dengan kepatuhan ibu hamil adalah dukungan dari suami. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis faktor-faktor yang berhubungan dengan dukungan suami untuk istri dalam kunjungan ANC di wilayah kerja Puskesmas Purwodadi II Kabupaten Grobogan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain cross sectional. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh suami yang istrinya sedang hamilpada trimester III pada bulan Juli 2019 dan bertempat tinggal di wilayah kerja Puskesmas Purwodadi II yang berjumlah 140 orang. Sampel sebanyak 57 orang didapatkan dengan teknik simple random sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sebagian besar suami memberikan dukungan yang baik untuk istri dalam kunjungan ANC (71,9%). Faktor-faktor yang berhubungan dengan dukungan suami untuk kunjungan ANC ibu hamil adalah umur suami (p=0,004), pengetahuan suami tentang ANC (p=0,029), sikap suami(p=0,000), dukungan keluarga (p=0,008) dan dukungan tenaga kesehatan (p=0,000). Variabel yang paling berpengaruh terhadap dukungan suami untuk istri dalam kunjungan ANC ibu hamil adalah dukungan tenaga kesehatan (OR=7,797).Tenaga kesehatan dapat mengadakan edukasi secara berpasangan pada ibu hamil dan suaminya, mengadakan kelas suami ibu hamil, serta meningkatkan media informasi tentang ANC di fasilitas kesehatan Kata Kunci: dukungan, suami, kunjungan ANC

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions:Faculty of Public Health > Department of Public Health
ID Code:80177
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:25 Feb 2020 13:45
Last Modified:25 Feb 2020 13:45

Repository Staff Only: item control page