HUBUNGAN PENGETAHUAN DAN SIKAP PEDAGANG DENGAN KANDUNGAN FORMALIN PADA IKAN ASIN (Studi di Pasar Tradisional Wilayah Kabupaten Rembang)

AINI, LARASATI DWI NOR (2019) HUBUNGAN PENGETAHUAN DAN SIKAP PEDAGANG DENGAN KANDUNGAN FORMALIN PADA IKAN ASIN (Studi di Pasar Tradisional Wilayah Kabupaten Rembang). Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF - Published Version
26Kb

Abstract

Bahaya Bahan Tambahan Makanan memiliki dampak pada tubuh manusia, misalnya tubuh akan mengalami penurunan fungsi organ dalam seperti menyebabkan kanker pada saluran pernafasan, infeksi saluran pencernaan, radang tenggorokan, pusing, mual, muntah, dan dapat menyebabkan beberapa penyakit yang fatal seperti leukimia.Tujuan penelitian ini adalah mengetahui kandungan formalin yang terdapat pada ikan asin dan faktor yang mempengaruhi penggunaan formalin di wilayah Kabupaten Rembang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian observasional analitik dengan pendekatan cross sectional. Sampel pada penelitian ini adalah semua jumlah populasi yaitu 34 pedagang ikan asin di seluruh pasar tradisional di wilayah Kabupaten Rembang. Intrumen pada penelitian ini menggunakan kuesioner terstruktur dan uji formalin yang dilaksanakan di laboratorium Gizi Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Diponegoro. Pengolahan data pada penilitian ini menggunakan uji statistik yaitu uji Chi-Square. Hasil pada penilitian ini adalah dari 34 responden didapatkan responden dengan pengetahuan tergolong baik sebanyak 58,8% dan sikap responden tergolong baik sebanyak 82,4%. Hasil uji laboratorium didapatkan bahwa sampel yang mengandung formalin sebesar 85,3% dan yang tidak mengandung formalin sebesar 14,7%. Sampel yang tidak mengandung formalin berjenis ikan layur. Berdasarkan uji statistik Chi-square,didapatkan p=1.00 pada uji hubungan pengetahuan pedagang dengan kandungan formalin pada ikan asin dan p = 0,559 pada uji hubungan sikap pedagang dengan kandungan formalin pada ikan asin. Berdasarkan hasil uji statistik bahwa tidak ada hubungan antara pengetahuan pedagang dan sikap pedagang terhadap kandungan formalin pada ikan asin. Hal tersebut dapat dijadikan perbaikan oleh beberapa pihak terkait yakni, Dinas Kesehatan yang dapat melakukan peninjauan lebih lanjut tentang formalin pada ikan asin di pasar tradisional wilayah Kabupaten Rembang. Kata Kunci : Ikan asin, formalin, pengetahuan pedagang, sikap pedagang, Kabupaten Rembang

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions:Faculty of Public Health > Department of Public Health
ID Code:80175
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:25 Feb 2020 13:36
Last Modified:25 Feb 2020 13:36

Repository Staff Only: item control page