KURANGNYA KONSUMSI BUAH DAN SAYUR SEBAGAI FAKTOR RISIKO KEJADIAN OVERWEIGHT PADA REMAJA PUTRI (STUDI PADA MAHASISWI FAKULTAS KESEHATAN MASYARAKAT UNIVERSITAS DIPONEGORO SEMARANG)

AWALIYA, HENU BEY PUTRI (2019) KURANGNYA KONSUMSI BUAH DAN SAYUR SEBAGAI FAKTOR RISIKO KEJADIAN OVERWEIGHT PADA REMAJA PUTRI (STUDI PADA MAHASISWI FAKULTAS KESEHATAN MASYARAKAT UNIVERSITAS DIPONEGORO SEMARANG). Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF - Published Version
35Kb

Abstract

Kelompok remaja memiliki beberapa masalah seperti konsumsi buah dan sayur yang kurang,sertapermasalahan gizi lebih (overweight), agar remaja dapat menjaga kesehatannya, maka perlu adanya peningkatan konsumsi buah dan sayur. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis konsumsi buah dan sayur yang kurang sebagai faktor risiko kejadian overweight pada remaja putri di FKM Undip Semarang angkatan 2018. Penelitian ini menggunakan jenis observasional analitik dan pendekatan kuantitatif dengan desain case-control, adapun pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dengan total sampel 84 subjek penelitian. Data IMT diambil dengan melakukan pengukuran tinggi danberat badan subjek penelitian. Data praktik konsumsi buah dan sayur didapat dengan menggunakan lembar FFQ dan lembar Food Recall 24 jam. Untuk analisi bivariat menggunakan ujichi-square. Hasil penelitian menunjukan bahwajumlah porsi konsumsi buah (p=0,815) dan jumlah porsi konsumsi sayur (p=0,500) bukan sebagai faktor risiko kejadian overweight. Hasil penelitian ini juga menunjukan bahwa frekuensi konsumsi buah (p=0,019; OR=3,700; Cl 95%= 1,192–11,488) dan frekuensi konsumsi sayur (p=0,023; OR=3,333; Cl 95%= 1,14–9,72) dapat dikatakan sebagai faktor risiko kejadian overweight. Diharapkan remaja putri (mahasiswi) dapat menerapkan ilmu dasar gizi yang telah diterima dibangku kuliah dan dapat meningkatkan frekuensi konsumsi buah dan sayur guna mencegah kejadian overweight di usia remaja Kata Kunci: Konsumsi buah dan sayur yang kurang, Remaja, Overweight

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions:Faculty of Public Health > Department of Public Health
ID Code:80166
Deposited By:admin FKM undip
Deposited On:25 Feb 2020 11:52
Last Modified:25 Feb 2020 11:52

Repository Staff Only: item control page