INDEKS HABITAT DAN KEANEKARAGAMAN NYAMUK ANOPHLES SPP DI DAERAH ENDDEMIS MALARIA (STUDI DI DESA JATIREJO KECAMATAN KALIGESING KABUPATEN PURWOREJO JAWA TENGAH)

Nurmadhani , Prafani Viska (2019) INDEKS HABITAT DAN KEANEKARAGAMAN NYAMUK ANOPHLES SPP DI DAERAH ENDDEMIS MALARIA (STUDI DI DESA JATIREJO KECAMATAN KALIGESING KABUPATEN PURWOREJO JAWA TENGAH). Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF - Published Version
33Kb

Abstract

Malaria merupakan penyakit yang disebabkan oleh plasmodium ditandai dengan demam, panas dingin, berkeringat, anemia hemolitik, dan splenomegali. Penyebar malaria adalah nyamuk Anopheles sp. yaitu spesies yang telah terbukti mengandung sporozoit di dalam kelenjar ludahnya. Desa Jatirejo, Kecamatan Kaligesing, Kabupaten Purworejo merupakan daerah endemis Malaria. Tujuan dari penelitian ini Mendeskripsikan tempat perkembangbiakan malaria, dan kecenderungan aktivitas menggigit vektor nyamuk Anopheles, di Desa Jatirejo, Kecamatan Kaligesing, Kabupaten Purworejo. Penelitian ini dilakukan dengan metode deskriptif observasional. Melakukan observasi lapangan untuk melihat tempat perkembangbiakan, dan kepadatan larva, dan melakukan penangkapan nyamuk dewasa dengan metode umpan badan di dalam dan luar, dan resting di kandang ternak. Hasil yang didapatkan, terdapat 11 habitat potensial larva, dan 2 diantaranya positif malaria, yaitu di sungai dan sumber mata air. Hasil nyamuk yang tertangkap yaitu An.vagus, dan An.maculatus. Nyamuk An. maculatus aktif menggigit pada pukul 18.00-19.00 dengan hasil hitung MBR 0,6, sedangkan MHD 0,08 nyamuk An.vagus hanya ditemukan di dalam rumah dengan kepadatan MBR 0,12 sedangkan MHD 0,02. Survei yang dilakukan pada bulan Juli-Agustus Desa Jatirejo mengalami kemarau jadi hanya sedikit yang ditemukan larvanya. Selain itu faktor lingkungan fisik, dan biologi berpengaruh terhadap perkembangan larva Anopheles sp Kata Kunci: Malaria, Larva Anopheles, Tipe Habitat

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions:Faculty of Public Health > Department of Public Health
ID Code:80132
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:21 Feb 2020 15:19
Last Modified:21 Feb 2020 15:19

Repository Staff Only: item control page