Hubungan antara Lokus Pengendalian dan Konsep Diri Akademik pada Siswa SMA Negeri 3 Semarang

Andaristi, Tirshavira and Ediati, Annastasia (2020) Hubungan antara Lokus Pengendalian dan Konsep Diri Akademik pada Siswa SMA Negeri 3 Semarang. Undergraduate thesis, Undip.

[img]
Preview
PDF
214Kb

Abstract

Fenomena Big Fish Little Pond Effect (BFLPE) yang terjadi pada siswa sekolah favorit berdampak pada pembentukan konsep diri akademik. Fenomena ini melibatkan adanya perbandingan sosial antarsiswa serta lokus pengendalian. Penelitian ini bertujuan untuk menguji korelasi antara lokus pengendalian dan konsep diri akademik pada siswa. Populasi penelitian ini terdiri dari 360 siswa kelas 10 SMA Negeri 3 Semarang dengan sampel 178 siswa yang ditentukan dengan teknik cluster random sampling. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Skala Konsep Diri Akademik (26 aitem; α=0,906) dan Skala Lokus Pengendalian (12 aitem; α=0,774). Hasil uji korelasi Spearman’s Rho menunjukkan adanya hubungan positif yang signifikan antara lokus pengendalian konsep diri akademik (rs=0,377; p=0,000). Temuan ini menunjukkan bahwa semakin kuat kecenderungan lokus pengendalian, maka semakin positif konsep diri akademik yang dimiliki siswa, dan sebaliknya. Berdasarkan penelitian ini, upaya peningkatan konsep diri akademik siswa dapat dilakukan dengan meningkatkan lokus pengendalian internal maupun eksternal pada siswa.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions:Faculty of Psychology > Department of Psychology
ID Code:80088
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:19 Feb 2020 23:08
Last Modified:19 Feb 2020 23:08

Repository Staff Only: item control page