PENGARUH ISLAMIC BIBLIOTHERAPY TERHADAP RESILIENSI SISWI KORBAN BULLYING

Hasyim, Burhanudin Bin and Anggorowati, Anggorowati and Dewi, Nur Setiawati (2020) PENGARUH ISLAMIC BIBLIOTHERAPY TERHADAP RESILIENSI SISWI KORBAN BULLYING. Masters thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
Image (JPEG)
1574Kb
[img]PDF
Restricted to Registered users only

2427Kb
[img]
Preview
Image (JPEG)
1363Kb

Abstract

Siswi korban bullying harus menjadi resilient agar terhindar dari dampak negatif akibat pelakuan bullying yang dialami. Islamic Bibliotherapy adalah terapi dengan bahan bacaan Islam untuk meningkatkan resiliensi siswi korban bullying. Penelitian sebelumnya hanya mengembangkan dua dimensi resiliensi saja, namun belum ada penelitian yang mengembangkan keseluruhan faktor resiliensi (spiritual, emosi, dan kognitif). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Islamic Bibliotherapy terhadap resiliensi siswi korban bullying. Penelitian ini menggunakan pendekatan quasi eksperiment dengan pre-test post-test design with control group. Pengambilan sampel dengan metode purposive sampling sebanyak 26 responden pada masingmasing kelompok. Kuesioner Adolescent Resilience Scale (ARS) digunakan untuk menilai resiliensi siswi. Hasil uji paired t-test pada kelompok intervensi didapatkan hasil p-value = 0,000. Hasil uji Wilcoxon pada kelompok kontrol didapatkan hasil pvalue = 0,258. Hasil uji Mann Whitney u test didapatkan hasil p-value = 0,002. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa Islamic Bibliotherapy memiliki pengaruh yang signifikan terhadap resililiensi siswi korban bullying. Sehingga, dapat disarankan agar Islamic Bibliotherapy bisa digunakan sebagai intervensi pilihan dalam praktek keperawatan komunitas terhadap mental health remaja sekolah

Item Type:Thesis (Masters)
Subjects:R Medicine > RZ Other systems of medicine
Divisions:Faculty of Medicine > Department of Nursing
Faculty of Medicine > Department of Nursing
ID Code:80068
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:12 Feb 2020 12:05
Last Modified:12 Feb 2020 12:05

Repository Staff Only: item control page