APLIKASI KEAMANAN SMS PADA PONSEL CERDAS (SMARTPHONE) BERBASIS ANDROID DENGAN ALGORITMA RAIL FENCE DAN ALGORITMA DATA ENCRYPTION STANDARD (DES)

Nugroho, Diego Cesar and Suhartono, Suhartono (2018) APLIKASI KEAMANAN SMS PADA PONSEL CERDAS (SMARTPHONE) BERBASIS ANDROID DENGAN ALGORITMA RAIL FENCE DAN ALGORITMA DATA ENCRYPTION STANDARD (DES). Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

577Kb

Abstract

Short Message Service (SMS) merupakan salah satu fasilitas yang disediakan oleh ponsel cerdas (Smartphone). Dalam pengiriman pesan menggunakan SMS akan melewati Short Message Service Center (SMSC) sebelum dikirimkan ke tujuan. Pada saat pesan di SMSC sangat rentan terhadap penyadapan oleh siapapun. Akibatnya, pesan tersebut dapat diketahui oleh orang yang tidak berhak untuk mengetahuinya. Kriptografi dapat digunakan untuk mengamankan pesan. Algoritma kriptografi sangat banyak, antara lain Rail Fence dan algoritma DES. Dengan algoritma tersebut, pesan dapat dienkripsi dan didekripsi untuk mengamankan pesan. Untuk itu dibangun Aplikasi Keamanan SMS (RFD) pada platform Android yang mampu melakukan pengiriman pesan yang dienkripsi dan dekripsi. Hasil pengujian Android Profiler menyatakan bahwa aplikasi RFD menggunakan kapasitas CPU dibawah 10%, menggunakan memori dibawah 100 MB, tidak menggunakan network dan menggunakan energi yang normal. Dan berdasarkan kuisoner dengan 32 responden menyatakan bahwa 96,9% aplikasi mudah dioperasikan, 87,5% tampilan aplikasi menarik, 96,9% aplikasi membantu menjaga kerahasiaan SMS, 90,6% aplikasi berjalan lancar, 84,4 aplikasi berjalan stabil, 93,8% nyaman menggunakan aplikasi dan 78,1% aplikasi tidak membebani sistem Android.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Divisions:Faculty of Science and Mathematics > Department of Computer Science
ID Code:80043
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:10 Feb 2020 12:41
Last Modified:10 Feb 2020 12:41

Repository Staff Only: item control page