APLIKASI PENGUKURAN EFISIENSI KINERJA PADA MINIMARKET MENGGUNAKAN DATA ENVELOPMENT ANALYSIS (DEA) DENGAN PEMODELAN BCC INPUT-OUTPUT ORIENTED

Ginting, Yohana Agustina Br and Noranita, Beta (2018) APLIKASI PENGUKURAN EFISIENSI KINERJA PADA MINIMARKET MENGGUNAKAN DATA ENVELOPMENT ANALYSIS (DEA) DENGAN PEMODELAN BCC INPUT-OUTPUT ORIENTED. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

862Kb

Abstract

Aplikasi Pengukuran Efisiensi Kinerja Pada Minimarket merupakan sebuah aplikasi yang digunakan untuk menilai tingkat efisiensi dan memberikan rekomendasi terbaik pada Minimarket. Data yang mendukung proses perhitungan Efisiensi Kinerja pada Minimarket antara lain : 4 DMU, 3 variabel Input (Jumlah toko, Jumlah Karyawan, Banyaknya Modal), dan 1 variabel Output (Jumlah Pendapatan). Aplikasi ini dibuat dengan model proses Waterfall karena kebutuhan aplikasi telah ditentukan dari awal sebelum dilakukan pembuatan sistem. Aplikasi ini dibuat dengan tujuan untuk menghitung dan melihat nilai efisiensi dari masing-masing DMU dengan menggunakan metode BCC Input-Output Oriented, dimana sebelumnya telah didapatkan nilai efisiensi dari masing-masing DMU tetapi menggunakan CCR Input-Output Oriented. Masing-masing DMU akan dihitung nilai efisiensinya dan DMU yang sudah mencapai nilai efisien akan menjadi benchamarking (acuan) terhadap DMU yang belum mencapai nilai efisien. Setelah didapatkan nilai efisiensi terhadap 3 DMU tersebut menggunakan BCC Input-Output Oriented terdapat 2 DMU yang belum efisien jika dihitung yaitu DMU 2 dengan nilai efisiensi 0.562475 , DMU 3 dengan nilai efisiensi 0.551439 , dan DMU 4 dengan nilai efisiensi 0.349229 dengan demikian DMU 1 yang memiliki nilai efisiensi sama dengan 1 menjadi benchmarking (Acuan) untuk DMU yang tidak efisien.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Divisions:Faculty of Science and Mathematics > Department of Computer Science
ID Code:80042
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:10 Feb 2020 12:37
Last Modified:10 Feb 2020 12:37

Repository Staff Only: item control page