APLIKASI SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN MENGGUNAKAN WEIGHTED PRODUCT UNTUK PENENTUAN PENERIMA BEASISWA KELUARGA MISKIN (GAKIN) (STUDI KASUS: POLTEKKES KEMENKES SEMARANG)

Nasher, Luthfi Ahmad and Bahtiar, Nurdin (2018) APLIKASI SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN MENGGUNAKAN WEIGHTED PRODUCT UNTUK PENENTUAN PENERIMA BEASISWA KELUARGA MISKIN (GAKIN) (STUDI KASUS: POLTEKKES KEMENKES SEMARANG). Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

703Kb

Abstract

Poltekkes Kemenkes Semarang merupakan instansi perguruan tinggi negeri dibidang kesehatan yang memiliki fasilitas beasiswa untuk mahasiswa yang kurang mampu atau sering disebut dengan beasiswa keluarga miskin (Gakin). Sebagaimana yang tercantum pada misi Poltekkes Kemenkes Semarang untuk mewujudkan visinya dengan meningkatkan layanan pendidikan bermutu yang profesional dan terpadu melalui perbaikan standar dan sistem manajemen secara terus menerus dengan didukung Teknologi Informasi. Pada saat ini penentuan penerima beasiswa gakin masih dalam bentuk penyeleksian manual. Untuk mempermudah proses dalam menentukan sebuah keputusan, hadirlah sebuah aplikasi sistem pendukung keputusan dengan masukan dan keluaran yang dibutuhkan. Tugas Akhir ini membuat sebuah aplikasi sistem pendukung keputusan dengan metode Weighted Product untuk merekomendasikan keputusan dalam sistem tersebut. Hal ini bertujuan untuk mempersingkat waktu dan memberikan kemudahan kepada pemangku kebijakan (pembuat keputusan) di Poltekkes Kemenkes Semarang dalam menyeleksi penerima Beasiswa Keluarga Miskin (GAKIN). Bedasarkan perbandingan data lima tahun terakhir dengan keputusan yang dibuat oleh aplikasi, memiliki tingkat akurasi 99.21% dengan Precision sebesar 99.28% dan Recall sebesar 99.28%.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Divisions:Faculty of Science and Mathematics > Department of Computer Science
ID Code:80036
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:10 Feb 2020 12:18
Last Modified:10 Feb 2020 12:18

Repository Staff Only: item control page