STUDI KOMPARASI MESIN PENERJEMAH STATISTIK DARI BAHASA INDONESIA KE BAHASA SUNDA MENGGUNAKAN DECODER MOSES DAN DECODER MOSES - WORD REORDERING

Evans, Julius and KUSUMANINGRUM, RETNO (2018) STUDI KOMPARASI MESIN PENERJEMAH STATISTIK DARI BAHASA INDONESIA KE BAHASA SUNDA MENGGUNAKAN DECODER MOSES DAN DECODER MOSES - WORD REORDERING. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

1008Kb

Abstract

Seiring dengan derasnya arus globalisasi penggunaan Bahasa Sunda mulai tergeser oleh penggunaan bahasa asing. Hal ini dapat dilihat dari sebagian besar anak muda yang berada di daerah yang menggunakan Bahasa Sunda tidak menguasai bahasa ini. Tentu hal ini di sebabkan oleh banyaknya budaya asing yang masuk ke Indonesia. Apabila dibiarkan, hal ini dapat menyebabkan terjadinya kepunahan bahasa. Sudah seharusnya masyarakat mulai menyadari dan menggelar usaha pemeliharaan Bahasa Sunda untuk mencegahnya. Salah satu usaha yang dapat dilakukan adalah membuat mesin penerjemah sebagai sarana pembelajaran yang dapat diakses dengan cepat dan menghasilkan terjemahan yang seakurat mungkin. Pada penelitian ini, peneliti mencoba melakukan Studi Komparasi Mesin Penerjemah Statistik dari Bahasa Indonesia ke Bahasa Sunda Menggunakan Decoder Moses dan Decoder Moses - Word Reordering, untuk membandingkan akurasi hasil terjemahan dari kedua mesin penerjemah. Pengguna hanya perlu memasukan kalimat dalam bahasa Indonesia yang kemudian mesin penerjemah akan menerjemahkan masukan tersebut ke dalam Bahasa Sunda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Mesin Penerjemah Statistik Menggunakan Decoder Moses - Word Reordering memiliki nilai akurasi yang lebih baik daripada Mesin Penerjemah Statistik Menggunakan Decoder Moses. Mesin Penerjemah Statistik Menggunakan Decoder Moses - Word Reordering memberikan peningkatan rata-rata nilai akurasi pada Mesin Penerjemah Statistik Menggunakan Decoder Moses dengan peningkatan rata-rata skor 1-gram sebesar 11,99 % , rata-rata skor 2-gram sebesar 17,72 % , rata-rata skor 3-gram sebesar 23,39 % , rata-rata skor 4-gram sebesar 28,64 % , dan pada rata-rata skor global sebesar 21,45%.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Divisions:Faculty of Science and Mathematics > Department of Computer Science
ID Code:80031
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:10 Feb 2020 12:11
Last Modified:10 Feb 2020 12:11

Repository Staff Only: item control page