KEPUTUSASAAN SI AKU LIRIK DALAM LIRIK LAGU “PENJARA BATIN”, “. . .”, DAN “TERLILIT ASA” PADA ALBUM BERKARAT KARYA BURGERKILL (SUATU TINJAUAN PSIKOLOGI SASTRA)

Wahyu Isnan, Mauladi (2019) KEPUTUSASAAN SI AKU LIRIK DALAM LIRIK LAGU “PENJARA BATIN”, “. . .”, DAN “TERLILIT ASA” PADA ALBUM BERKARAT KARYA BURGERKILL (SUATU TINJAUAN PSIKOLOGI SASTRA). Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF
319Kb

Abstract

Mauladi, Wahyu Isnan, 2019. Keputusasaan Si Aku Lirik dalam Lirik Lagu“Penjara Batin”, “. . .”, dan “Terlilit Asa” dalam Album Berkarat Karya Burgerkill (Sebuah Tinjauan Psikologi Sastra). Skripsi-S-1 Program Studi Sastra Indonesia, Fakultas Ilmu Budaya Universitas Diponegoro semarang. Dosen Pembimbing Dr. Sukarjo Waluyo, M.Hum. dan Khothibul Umam, S.S., M.Hum. Objek material penelitian ini yaitu lirik lagu “Penjara Batin”, “. . .”, dan “Terlilit Asa” pada Album Berkarat Karya Burgerkill. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif yang berdasarkan pada teori struktural puisi dan teori psikologi kepribadian. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis unsur struktur fisik puisi dan struktur batin puisi yang ada dalam lirik lagu “Penjara Batin”, “. . .”, dan “Terlilit Asa”, mengungkapkan sebuah rasa keputusasaan Si Aku Lirik dan menjelaskan klarifikasi emosi tokoh Si Aku Lirik. Penulis menggunakan teori struktural puisi untuk mendeskripsikan unsur pembentuknya (diksi, gaya bahasa, tema, dan amanat). Penulis juga menggunakan teori Psikologi Sastra yaitu dengan pendekatan melalui struktur kepribadian Sigmun Freud id, ego dan superego untuk mengkaji kepribadian tokoh Si Aku Lirik. Hasil analisis struktural pada lirik lagu “Penjara Batin”, “. . .”, dan “Terlilit Asa” adalah terdapat diksi yang bermakna denotatif. Pada lirik lagu “Penjara Batin”, “. . .”, dan “Terlilit Asa” memiliki gaya bahasa yang berdasarkan tidak langsungnya sebuah makna. Lirik lagu menceritakan kesedihan, penderitaan Si Aku Lirik dan amanat yang terkandung pada lirik lagu disampaikan secara implisit. Hasil analisis struktur kepribadian Si Aku Lirik tidak memiliki keseimbangan antara id, ego dan superego. Hal ini dapat dilihat berdasarkan ucapan Si Aku Lirik pada isi lirik lagunya. Dari sosok Si Aku Lirik lebih dominan pada aspek id dan ego yang tidak mampu mengontrol kepribadiannya, walaupun aspek superego berperan sebagai penalaran kepribadian dan acuan agar dapat mengenali baik dan buruk namun, Si Aku Lirik tidak mampu melepas permasalahannya. Berdasarkan analisis dari klasifikasi emosi menunjukkan bahwa Si Aku Lirik dalam Lirik Lagu “Penjara Batin”, “. . .”, dan “Terlilit Asa” dapat terungkap rasa depresi yang mengakibatkan rasa putus asa. Kata kunci : Lirik Lagu, Struktural Puisi, Gaya Bahasa, Struktur kepribadian, Klasifikasi Emosi.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:P Language and Literature > PQ Romance literatures
Divisions:Faculty of Humanities > Department of Indonesian
ID Code:80005
Deposited By:Sastra Indonesia
Deposited On:06 Feb 2020 10:35
Last Modified:06 Feb 2020 10:35

Repository Staff Only: item control page