Pendidikan Karir pada Masa Kanak-Kanak: Strategi Awal Menata Langkah untuk Mencapai Cita-Cita

Sawitri, Dian Ratna Pendidikan Karir pada Masa Kanak-Kanak: Strategi Awal Menata Langkah untuk Mencapai Cita-Cita. Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF (Hasil Turnitin)
954Kb

Abstract

Perkembangan karir seorang anak biasanya akan mendapatkan perhatian ketika ia beranjak remaja dan memasuki masa dewasa karena pada masa tersebut keputusan-keputusan penting terkait dengan karir mulai dibuat. Meskipun demikian, bukan berarti perkembangan karir di masa kanak-kanak tidak perlu mendapat perhatian (Liu, McMahon, & Watson, 2014). Hartung (2015) mengemukakan bahwa faktor utama yang mempengaruhi life design, seperti eksplorasi dan harapan karir, aspirasi karir, minat karir, dan adaptabilitas karir dimulai dari masa kanak-kanak. Hal ini diperkuat oleh beberapa hasil penelitian longitudinal yang menunjukkan bahwa perkembangan karir di masa remaja dan dewasa banyak ditentukan oleh stimulasi dan pendidikan karir yang diterima pada masa kanak-kanak (e.g., Ferreira, Santos, Fonseca, & Haase, 2007; Wiesner, Vondracek, Capaldi, &Porfeli, 2003).

Item Type:Other
Subjects:H Social Sciences > H Social Sciences (General)
B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions:Faculty of Psychology > Department of Psychology
ID Code:79859
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:30 Jan 2020 13:23
Last Modified:20 May 2020 13:45

Repository Staff Only: item control page