Modul Pelatihan Regulasi Diri dalam Mencapai Cita-Cita: Intervensi Psikologis untuk Menumbuhkan Career Awareness pada Siswa Sekolah Dasar

Dian Ratna Sawitri, S.Psi., M.Si., Ph.D (2018) Modul Pelatihan Regulasi Diri dalam Mencapai Cita-Cita: Intervensi Psikologis untuk Menumbuhkan Career Awareness pada Siswa Sekolah Dasar. 000143424.

[img]
Preview
PDF
2523Kb
[img]
Preview
PDF (Kelengkapan Peer Review)
3197Kb

Abstract

Teori perkembangan pengambilan keputusan karir (developmental theory of career choice) yang dikemukakan oleh Ginzberg (dalam Santrock, 2007) menegaskan bahwa individu melalui tiga fase pemilihan karir yaitu fantasi, tentatif, dan realistik. Individu dalam masa sekolah lanjutan tingkat atas mengalami peralihan dari pilihan karir yang lebih bersifat subjektif ke pilihan karir yang lebih bersifat realistis. Selama masa ini, secara ekstensif individu mengeksplorasi pilihan karir yang tersedia, kemudian mereka memfokuskan pada beberapa alternatif jalur pendidikan dan karir tertentu, dan akhirnya menentukan pilihan yang lebih spesifik. Bagi siswa sekolah lanjutan tingkat atas yang notabene berada pada masa remaja, modul ini diharapkan dapat memfasilitasi keingintahuan untuk mengenal diri sendiri, dunia kerja, membantu mengidentifikasi sumber dukungan dan hambatan internal dan eksternal, memberikan gambaran konsideran dalam menetapkan citacita, mengeksplorasi harapan orangtua, dan menyelaraskan aspirasi pribadi dengan dukungan orangtua.

Item Type:Patent
Subjects:H Social Sciences > H Social Sciences (General)
B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions:Faculty of Psychology > Department of Psychology
ID Code:79597
Deposited By:Ms Siti Yuanah Psikologi
Deposited On:23 Jan 2020 13:41
Last Modified:14 May 2020 19:39

Repository Staff Only: item control page